in

Pemkab Batang Lombakan Wilayah Bebas Covid-19

Tim dari Pemkab Batang melakukan penilaian dalam Lomba Kampung Zero Covid-19. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang, membuat terobosan untuk membebaskan wilayahnya dari Covid-19. Salah satu yang dilakukan adalah mengadakan lomba kampung zero Covid-19, dalam rangka memeriahkan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam lomba tersebut, tim penilaian terdiri atas delapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, BPBD Kabupaten Batang, Satpol PP Kabupaten Batang, Polres Batang, Kodim 0736 Batang, Kesbangpol Kabupaten Batang, dan Diskominfo Kabupaten Batang.

“Dari delapan OPD itu mempunyai kriteria penilaiannya sendiri-sendiri dengan total 11 indikator yang merupakan penentu hasil kejuaraan,” kata anggota tim dua penilai Lomba Kampung Zero Covid-19, Riza Zakia, ketika melakukan penilaian di RT 5/RW 4 Kelurahan Proyonanggan Utara dan RT 4 RW 5 Denasri Kulon.

Lebih lanjut dia mengemukakan, titik berat penilaian adalah pada pencegahan penambahan kasus. “Kriteria penilaian, titik beratnya pada upaya pencegahan penambahan kasus, yang sekarang sudah Zero Covid-19.  Jadi yang diajukan benar-benar kampung yang sudah zero Covid-19, atau sudah tidak ada kasus positif di kampung tersebut,” kata dia, seperti dirilis Batangkab.go.id.

Materi yang dinilai, yaitu upaya-upaya mencegah agar tidak mucul kasus baru lagi di kampung tersebut, di antaranya penerapan protokol kesehatan yang ketat, dengan adanya tempat cuci tangan di setiap depan rumah warga. Sehingga jika ada orang yang masuk rumah, sudah bersih terlebih dahulu.

Pihaknya juga mengapresiasi kepada satgas Covid-19 pada tingkat RT, yang aktif dan sudah berkerja selama ini, sehingga bisa menjaga lingkungannya tetap Zero Covid-19. (HS-08)

Share This

Tak Kapok Coba Kelas Berat Ringan

Dindagkop UKM Kota Pekalongan Bakal Gelar Pelatihan Ekspor