Pemerintah Pusat Alokasikan DAK untuk Bangun UPT Metrologi Legal di KIT Batang

Bupati Batang Wihaji, (Foto: Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG  – Pemerintah Pusat akan mengalokasikan anggaran melalui dana alokasi khusus (DAK) untuk membiayai pembangunan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Metrologi Legal, di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

KIT sudah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) oleh Presiden Joko Widodo, sehingga pembangunan infrastrukturnya dibiayai oleh Pemerintah Pusat.

“Untuk mendukung KIT Batang, pada 2022 akan dibantu melalui dana alokasi khusus, untuk pembangunan UPT Metrologi legal,” kata Direktur Metrologi Kementerian Perdagangan, Rusmini, di ruang Command Center Diskominfo, Kabupaten Batang, Kamis (7/1), seperti dirilis Batangkab.go.id.

Dia mengatakan semula DAK tersebut direncanakan diberikan pada 2020. Tetapi rencana tersebut kemudian ditunda karena ada pandemi Covid-19. Seperti diketahui, pandemi telah memaksa Pemerintah Pusat untuk melakukan penyesuaian anggaran.

“Setelah kami bertemu Bupati Batang, untuk ke depan, kami lebih fokus di UPT metrologi legal,” katanya

Dengan berdirinya UPT metrologi legal di Batang, Kabupaten Batang akan menjadi daerah yang tertib ukur. Hal ini akan memunculkan kepercayaan masyarakat.

“Tertib ukur sangat berdampak pada meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Pemkab Batang, dan suka tidak suka investasi akan baik dan kesejahteraan masyarakat akan bertambah,” jelasnya.

Kementerian perdagangan, juga memberikan dukungan ke Pemkab Batang melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) juru tera.

“Untuk peningkatan SDM, juru tera Pemkab Batang kita latih dan bantu saran peralatanya,” kata dia.

Sementara itu Bupati Batang Wihaji mengatakan perlu kesiapan untuk menyongsong beroperasinya KIT Batang, termasuk dalam kemetrologian.

Dalam dunia industri, diperlukan alat ukur yang standar agar dapat membangun kepercayaan konsumen. Dengan adanya kepercayaan konsumen, dapat meningkatkan daya saing produk dari KIT tersebut.

Pendapat Bupati tersebut disampaikan ketika menjadi narasumber dalam Talkshow Metrologi Nusantara Kemenperin bertema “Metrologi Legal Menyongsong Terwujudnya Kawasan Industri Batang”, secara virtual di Command Center Diskominfo, Kabupaten Batang.

“Pemerintah Kabupaten Batang mempunyai tujuan untuk mewujudkan Kabupaten Batang sebagai daerah tertib ukur,” jelasnya.

Dia menjelaskan langkah-langkah strategis yang akan diambil adalah meningkatkan pelayanan tera dan tera ulang. Selain itu juga aktivasi pengawasan kemetrologian, membangun infrastruktur Unit Metrologi Legal, membangun ketertiban hasil melalui sistem keterlusuran kuantitas dan kualitas produk, dan meningkatkan pemahaman masyarakat di bidang metrologi legal.

“Sasaran metrologi Kabupaten Batang meliputi industri, bio agriculture, perdagangan, dan pariwisata dengan meningkatkan sumber daya manusianya seperti penera mahir, penera ahli pratama, penera terampil, pengawas kemetrologian, dan tenaga administrasi,” kata dia. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.