in

Pemerintah Ingin Indonesia Capai Target di ASEAN Para Games 2022

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali saat melaksanakan jumpa pers usai Rapat Koordinasi Penyelenggaraan APG 2022, di Solo, Minggu (19/6/2022).

HALO SPORT – Indonesia menargetkan juara umum sekaligus mempertahankan posisi sebagai peraih medali emas terbanyak di ASEAN Para Games 2022 XI Solo, Juli mendatang. Harapan itu disampaikan pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

APG 2022 menjadi harapan Indonesia untuk membuktikan sebagai yang terbaik di multievent olahraga difabel. Terutama setelah Indonesia masih belum bisa menggeser dominasi Thailand di SEA Games 2021 Vietnam. Bahkan Indonesia hanya menduduki peringkat tiga di bawah Vietnam dan Thailand.

Sebaliknya Indonesia kian moncer di APG. Paga gelaran terakhir di APG 2017 Kuala Lumpur, Indonesia menunjukkan dominasi dengan menjadi juara umum setelah mengantungi 126 emas, 75 perak dan 50 perunggu. Perolehan medali itu melebihi target karena National Paralympic Committee (NPC) Indonesia menargetkan 90-100 emas.

Kontingen Merah Putih unggul jauh dari tuan rumah Malaysia yang hanya mendapatkan 90 emas, 85 perak dan 83 perunggu. Sementara Thailand yang menjadi juara umum di APG 2015 tercedcer di peringkat tiga.

Indonesia pun menargetkan mempertahankan gelar juara umum saat penyelenggaraan APG 2022 di Solo. Tidak hanya bertindak sebagai tuan rumah tetapi Indonesia sudah melakukan persiapan yang matang dengan pemusatan latihan atau training centre (TC) yang cukup lama. Pemerintah melalui Menpora berharap kontingen tuan rumah mampu memenuhi target itu.

“Tidak hanya sukses sebagai penyelenggara tetapi juga prestasi. Ini bukan berarti mendahului Yang di Atas, tetapi kita memang sudah melakukan persiapan dengan pemusatan latihan yang cukup lama,” ucap Menpora saat Rapat Koordinasi Penyelenggaraan APG 2022, di Solo, Minggu (19/6/2022).

Sementara, Ketua NPC Indonesia Senny Marbun menuturkan bila Indonesia selalu meraih prestasi terbaik di APG. Pencapaian prestasi itu juga terus menanjak di Asian Para Games (APG) maupun Paralimpik. Pada Paralimpik 2020 Tokyo, Indonesia menduduki peringkat 43. Ini melebihi target karena NPC sesungguhnya membidik peringkat 60 di Tokyo.

“Di APG 2017 Malaysia, perolehan medali Indonesia melebihi target saat menjadi juara umum. Kali ini dengan penyelenggaraan di Solo untuk kali kedua, di atas kertas, Indonesia bisa juara umum di APG 2022,” kata Senny.

“Kami ingin kembali menjadi yang terbaik untuk Indonesia,” ujar dia menegaskan.

Menpora melakukan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan APG dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang juga bertindak sebagai Ketua ASEAN Para Games Organizing Commitee (Inaspoc) dan Ketua NPC Senny Marbun. Menpora mengatakan persiapan sebagai tuan rumah penyelenggaraan APG XI 2022 sudah berjalan sesuai rencana.

“Saya sudah mendapatkan laporan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai penanggung jawab pelaksanaan APG XI dan konfirmasi dari Sekda Pemerintah Provinsi Jateng atas nama Gubernur komitmen penuh memberikan dukungan atas pelaksanaan APG di Solo,” kata Menpora.

Sementara itu, Wali Kota mengatakan pihaknya sudah memaparkan soal persiapan penyelenggaraan APG kepada Menpora.

“Persiapan penyelenggaraan APG di Solo sudah matang. Dari arena, hotel dan lain-lain sudah disiapkan semua. Untuk opening (pembukaan) dan closing (penutupan) seremonial juga sudah disiapkan,” ujar Gibran.

Gibran berharap semua acara bisa berjalan dengan lancar. Apalagi semua item atau bagian yang menjadi kebutuhan untuk penyelenggaraan event sudah disetujui Menpora.

“Kami hanya perlu menyelesaikan pekerjaan rumah kecil yang harus dimonitor kegiatan renovasi di beberapa arena. Namun, saya yakin hal itu dapat diselesaikan” ucap Gibran.(HS)

Dua Minggu Menjelang Armuzna, Dilakukan Screening Kesehatan bagi Jemaah Risti

Polri Segera Bentuk Polres Khusus di IKN