in

Pemerintah Batalkan Vaksinasi Berbayar, Begini Respon Kimia Farma Jateng

Business Manager Kimia Farma Jateng I, Firdaus Sitepu.

 

HALO SEMARANG – Pemerintah resmi membatalkan vaksinasi Covid-19 berbayar. Hal itu berdasarkan keputusan yang diambil dari sejumlah masukan dan respon masyarakat.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, rencana vaksinasi Covid-19 berbayar yang disalurkan melalui Kimia Farma dibatalkan. Sehingga seluruh vaksinasi akan tetap menggunakan mekanisme yang sudah berjalan.

“Semua vaksin tetap dengan mekanisme yang digratiskan seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden sebelumnya,” ujar Pramono secara resmi di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (16/7/2021).

Ia menambahkan, terkait dengan Vaksinasi Gotong Royong, mekanismenya tetap dilakukan melalui perusahaan. Di mana perusahaan yang akan menanggung seluruh biaya vaksinasi bagi karyawannya.

Business Manager Kimia Farma Jateng I, Firdaus Sitepu mengungkapkan, vaksinasi berbayar yang sebelumnya akan dilakukan di Kimia Farma telah dibatalkan.

Terkait hal tersebut, pihaknya mengatakan akan mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Kita tidak akan mungkin di luar dari ketetapan pemerintah pusat, pasti kita mengikuti,” tutur Firdaus pada Sabtu (17/7/2021).

Firdaus menyebut, sejak pembukaan vaksinasi berbayar pada Senin (12/7/2021) lalu, sudah terdapat 10 peserta yang mendaftar di wilayahnya. Namun, baru sebatas mendaftar belum melakukan pelunasan.

“Karena pembayaran dilakukan setelah melakukan vaksinasi. Jadi para peserta ini baru booking,” tutur Firdaus pada Sabtu (17/7/2021).

Sebelumnya vaksinasi berbayar di Kota Semarang akan dilakukan di Kimia Farma Citarum. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut yang memenuhi persyaratan fasilitas kesehatan (faskes) dalam menyelenggarakan vaksinasi berbayar.

Meskipun pihaknya telah melakukan persiapan dengan matang, adanya pembatalan ini, Firdaus menuturkan masih menunggu arahan selanjutnya terkait stok vaksin yang sudah ada di lokasi.

“Ini vaksin sudah ada di lokasi, kami tunggu arahan selanjutnya bagaimana untuk vaksin yang sudah ada disini,” imbuhnya.

Firdaus mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan vaksinasi gratis yang sudah disediakan pemerintah. Ia terus mendukung percepatan vaksinasi untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

“Kalau ada yang gratis pakai yang gratis. Kalau ada fasilitas dari perusahaan, ikuti saja. Sebisa mungkin segera lakukan vaksinasi,” tandasnya.(HS)

Share This

Perusahaan Kosmetik asal Semarang Ini Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Pandemi

Dua Warga Tertabrak Kereta Api Saat Sedang Berjemur Di Jalur Rel