Pembuktian Joan Mir di Ricardo Tormo

Joan Mir/gridoto.

 

HALO SPORT – Menang, dan mendekatkan diri ke posisi juara dunia. Itulah yang dilakukan Joan Mir pada MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (8/11/2020).

Mir, pembalap Suzuki Ecstar, akhirnya menang untuk kali pertama dengan catatan waktu 41 menit 37,297 detik. Podium utama di MotoGP Eropa itu diraih dengan mengalahkan rekan setimnya, Alex Rins, dan pembalap Red Bull KTM, Pol Espargaro.

Bagi Mir, podium utama ini disabetnya setelah tampil dalam 29 balapan. Rider Spanyol berusia 23 tahun itu sebelumnya sudah tujuh kali naik podium.

Dengan hasil manis di Ricardo Tormo, Joan kian kokoh di puncak klasemen. Dia mengemas 162 poin.

Mir berada di depan Rins yang tertinggal 37 poin. Balapan tinggal menyisakan dua seri, MotoGP Valencia pada 15 November dan MotoGP Portugal (22/11/2020).

Sementara itu, adik Valentino Rossi, Luca Marini, dipastikan naik kelas mulai musim depan. Dia akan memperkuat Avintia Ducati.

Pada MotoGP 2021, Marini bakal tampil di bawah bendera tim Esponsorama Racing yang didukung Avintia. Dia didampingi sesama debutan MotoGP, Enea Bastianini.

Keduanya akan memakai mesin Ducati GP19. Luca juga siap bertarung dengan kakak tirinya, Rossi, pada kelas primer.
Marini dan The Doctor bakal mengikuti jejak dua pembalap bersaudara lain di kelas MotoGP, yakni Pol dan Aleix Espargaro plus Marc dan Alex Marquez.

Bagi Luca, menjejak MotoGP adalah mimpi yang dimiliki setiap pembalap sejak kecil.

‘’Dalam beberapa tahun ini bersama tim, saya sudah mengumpulkan banyak pengalaman. Saya tumbuh, dan telah meraih hasil-hasil penting,’’ tutur Marini seperti dikutip dari Crash.

Sejak 2015, dia berlaga di kelas Moto2. Musim ini Luca masih terlibat dalam pertarungan gelar juara dunia.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.