in

Pembinaan Karakter Siswa SMP di Karanganyar, Kadisdikbud Tekankan Perkuat Cinta Tanah Air

Bupati Karanganyar Drs H Juliyatmono MM memberikan pengarahan Sosialisasi Pembinaan Karakter Siswa SMP Kabupaten Karanganyar, Selasa (22/3). (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Kesadaran sebagai bagian dari bangsa Indonesia, serta rasa cinta pada Tanah Air, saat ini harus diperkuat. Selain cinta Tanah Air, kesadaran untuk menghormati keberagaman juga harus ditingkatkan.

Hal itu mengemuka dalam Sosialisasi Pembinaan Karakter Siswa SMP Kabupaten Karanganyar, di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Selasa (22/03).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Yopi Eko Jati Wibowo SSos MM, mengatakan pembinaan dilakukan agar siswa SMP di Kabupaten Karanganyar, menjadi pribadi yang kuat dan mampu menghadapi berbagai masalah.

Kegiatan pembinaan karakter ini, juga memiliki tujuan penting, karena pada zaman sekarang cinta Tanah Air sudah memudar dan tidak seperti dahulu.

“Sekarang ini kesadaran diri kita harus ditambah untuk meningkatkan rasa cinta tanah air,” kata Yopi Eko, seperti dikutip dari Karanganyarkab.go.id.

Ditambahkannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni rasa cinta tanah air dan menghargai keberagaman, agar terbentuk karakter yang bagus meliputi watak, perilaku, sifat dan kepribadian.

Sementara itu Bupati Karanganyar Drs H Juliyatmono MM, yang hadir saat itu turut memberi pembinaan kepada Siswa SMP kabupaten Karanganyar.

Karakter yang baik, adalah bertanggung jawab. Dikatakannya tanggung jawab itu sederhana, misalnya bangun tidur langsung menata tempat tidur setiap pagi, itu contoh tanggung jawab dan merupakan karakter yang top.

“Sekolah ibarat handphone. Jika tidak ada data, maka informasi tidak masuk. Dalam hal ini sekolah harus banyak memberikan materi agar membentuk karakter siswa dengan baik,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Dia juga berpesan kepada para siswa, agar terus belajar. Ilmu yang dipelajari akan menumpuk dan menjadi kebiasaan baik dalam membentuk perilaku.

“Agar karakter bisa berjalan dengan baik harus dilakukan latihan secara terus menerus, terus belajar, terus bercita-cita, terus berlatih agar menjadi pemuda pemudi yang hebat di masa depan,” kata Bupati Karanganyar Drs H Juliyatmono, MM. (HS-08)

Tiga Ratus Guru di Karanganyar Ikuti Diklat Senam PGRI

Wakil Bupati Karanganyar Ajak Puskesmas dan Forkompinca Jaten Turunkan Angka Covid-19