Pembangunan Underpass Tanjung di Banyumas Segera Diusulkan

Penandatangan prasasti oleh Bupati Banyumas Achmad Husein dan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri, dalam peresmian underpass Jenderal Soedirman di selatan Stasiun Purwokerto dan Overpass Kebasen di ruas Jalan Patikraja-Kebasen. (Foto : jatengprov.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Untuk mengatasi kemacetan dan mengurangi risiko kecelakaan di perlintasan sebidang di Kabupaten Banyumas, Pemerintah Pusat berencana membangun underpass Tanjung di Jl Veteran.

Rencana tersebut disampaikan Bupati Banyumas Achmad Husein, saat meresmikan underpass Jenderal Soedirman di selatan Stasiun Purwokerto dan Overpass Kebasen di ruas Jalan Patikraja-Kebasen.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Banyumas Achmad Husein dan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri.

Lanjut Bupati, pihaknya akan segera mengajukan usulan ke Pemerintah Pusat, mengenai pembangunan underpass Tanjung. Gambar desain underpass Tanjung, saat ini sudah berada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Pak Dirjen siap membantu untuk membangun underpass Tanjung (Jalan Veteran). Dalam minggu depan, Pemkab Banyumas akan mengajukan usulan ke Jakarta,” jelasnya.

Selain Tanjung, Pemerintah Pusat juga akan membangun overpass Kalirajut di Kecamatan Rawalo, Banyumas. “Untuk Kalirajut masuk APBN 2021, juga perlintasan sebidang Tanjung. Insya Allah awal tahun 2023 lancar,” tambahnya.

Sementara itu, Dirjen Perkeretaapian, Zulfikri mengatakan dalam UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, sudah diamanatkan perpotongan jalur kereta api dan jalan harus dibuat tidak sebidang.

“Sehingga pembangunan underpass Jenderal Soedirman dan overpass Kebasen sesuai dengan amanat undang-undang tersebut,” jelas Zulfikri. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.