Pembangunan Tol Semarang-Demak Percepat Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Penyangga

Foto ilustrasi: Pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi Dua.

 

HALO SEMARANG – Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Suharsono meyakini, pembangunan tol Semarang – Demak yang kini terus dikebut pelaksanaan pembangunannya, adalah program startegis nasional pemerintah yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi wilayah.

“Diharapkan, pembangunan tol Semarang – Demak ini akan memberikan dampak percepatan pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah penyangga Kota Semarang,” kata Suharsono, Selasa, 16/3/2021).

Dampak percepatan ekonomi tersebut, kata Suharsono, antara lain akan mampu mengangkat ekonomi wilayah Kabupaten Demak, Kabupaten Kendal, Kabupaten  Batang.

Diharapkan pertumbuhan ekonomi itu, juga akan memperbaiki kondisi ekonomi masyarakatnya.

Tol harbour Semarang – Demak juga berfungsi sebagai tanggul laut untuk wilayah pesisir, sehingga tol Semarang-Demak yang dibangun di sepanjang pantai, diharapkan bisa berfungsi untuk mengatasi persoalan rob wilayah pesisir pantura.

Dikatakan politisi PKS ini, kondisi tanah pesisir yang mengalami percepatan penurunan permukaan tanah, berdampak laut dan daratan sejajar.

“Sehingga air tidak bisa lancar mengalir ke laut. Inilah fungsi tanggul laut nantinya,” kata dia.

“Dan juga tol Semarang – Demak itu sekaligus berfungsi untuk mengurai kemacetan yang terjadi di wilayah pantura, terutama kemacetan di Jalan Raya Kaligawe ke Demak, atau sebaliknya,” ujarnya.

Suharsono berharap, selain mengatasi persoalan macet di wilayah Semarang-Demak, tol ini juga diharapkab bida jadi tanggul laut untuk wilayah Kendal- Semarang.

“Sehingga juga untuk mengurai persoalan kemacetan di kawasan Kalibanteng, Krapyak dan Mangkang, serta untuk mempercepat dan memudahkan pergerakan masyarakat pantura,” tandasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.