in

Pembangunan Jembatan Kaca di Hutan Wisata Tinjomoyo Akan Dilanjutkan Tahun Ini

Foto ilustrasi: Sungai dan jembatan yang ada di Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang.

 

HALO SEMARANG – Pembangunan Jembatan kaca di Hutan Wisata Tinjomoyo akan segera dibangun tahun ini. Sebab, proyek tersebut sempat tertunda pada tahun 2020 lalu, akibat adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Suriyaty mengatakan, proyek jembatan kaca Tinjomoyo sudah masuk lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP). Saat ini masih dalam proses sanggah hasil lelang.

“Kalau lelang selesai Mei 2021 ini, Desember 2021 proyek Insya-Allah bisa selesai. Kami menawarkan empat bulan pengerjaan. Begitu sudah dapat pemenang lelang, sekitar dua minggu setelahnya bisa dikerjakan,” terang Atik, sapaan akrabnya, Jumat (28/5/2021).

Konsep pembangunan jembatan kaca masih sama seperti rencana sebelumnya. Nantinya, jembatan kaca itu akan dibangun di atas sungai Kaligarang, tepat di sebelah jembatan gantung Tinjomoyo.

Nantinya, jembatan ini menyuguhkan pemandangan aliran sungai dan bebatuan serta pemandangan alam yang asri di Hutan Wisata Tinjomoyo.

Atik menyebutkan, panjang jembatan sekitar 60 meter dengan lebar 3 meter. Ketinggian hampir mencapai 17 meter. Jika ditambah dengan tinggi kaki jembatan, total ketinggian jembatan sekitar 20 meter.

Sebelumnya, DPU Kota Semarang merencanakan jembatan akan dilengkapi lift untuk akses naik. Namun, setelah dihitung anggaran tidak mencukupi.

Proyek jembatan kaca menelan anggaran sebesar Rp 12 miliar menggunakan dana APBD Kota Semarang. Dengan anggaran tersebut, pihaknya mengutamakan bentuk kokoh jembatan dan kekuatan kaca.

Adapun untuk kapasitas pengunjung saat di jembatan kaca, Atik menjelaskan sudah memprediksi berapa orang yang bisa naik dalam waktu yang sama.

Hanya saja, pihaknya akan membicarakan lebih lajut dengan konsultan perencana terkait hal itu, nanti setelah jembatan telah selesai dibangun.

“Tentu saja akan ada SOP saat masuk ke area jembatan kaca,” pungkasnya.(HS)

Share This

Askot PSSI Kota Semarang Bentuk Tim Pra-Porprov

Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Budi Daya Tanaman Herbal