in

Pembangunan Jalur Dedicated Line BRT Trans Semarang Bakal Dibiayai Pemerintah Jerman

Salah satu armada BRT Trans Semarang melintas di Kawasan Tugumuda Semarang, baru-baru ini.

HALO SEMARANG – Pembangunan jalur Dedicated Line atau jalur khusus BRT Trans Semarang bakal mendapatkan bantuan pembiayaan dari Pemerintah Jerman. Nantinya, jalur khusus BRT Trans Semarang juga terintegrasi untuk pelayanan moda transportasi publik yang dibutuhkan oleh daerah penyangga lainnya seperti Demak, Kendal, Grobogan, dan Kabupaten Semarang.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menjelaskan, bahwa terkait kelanjutan penyediaan jalur dedicated line BRT di Kota Semarang ini akan dibahas dengan Kementerian Perhubungan, serta dari Pemerintah Jerman yang akan membiayai pembangunan dedicated line BRT.

“Pemkot Semarang, menjadi salah satu yang diundang rapat dedicated line oleh Kemenhub, termasuk di antaranya Bappenas, lalu ada Direktur Anggaran dan Pemerintah Jerman. Sekaligus untuk membahas masalah pembiayaan dedicated line oleh Pemerintah Jerman,” paparnya, baru-baru ini.

Diharapkan, adanya bantuan pembiayaan secara penuh dari luar negeri ini, kata Mbak Ita sapaan akrabnya, bisa menunjang penyediaan transportasi publik lebih mudah di Kota Semarang dan sekitarnya.

“Karena kajian tentang dedicated line ini proses sudah lama sekali guna memberikan transportasi publik dibutuhkan dengan daerah penyangga seperti, Kendal, Demak, Grobogan, Kabupaten Semarang. Ini merupakan salah satu konsen agar mewujudkan sistem transportasi publik dari Kemenhub salah satunya yang disupprot adalah Kota Semarang dengan dibiayai oleh luar negeri,” katanya.

“Kajian Feasibility Study (FS)-nya juga dibantu dari Kemenhub, karena APBD tidak mungkin karena besar, sehingga termasuk halte bus seperti apa dan jalur-jalurnya semua terintegrasi,” imbuhnya.

“Memang, kalau untuk jalur yang tidak lebar nanti terintegrasi transportasi mobil lainnya. Dikolaborasikan satu jalur bisa dipakai kendaraan selain BRT jika dibutuhkan,” pungkasnya. (HS-06)

Pemeriksaan Pengelolaan Dana Hibah KONI Kendal, BPK RI: Tidak Ada Temuan

Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNNES Beri Pendampingan Gizi bagi Atlet SBV VOPAS Semarang