Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko Madsuk Prioritas

Konsultasi publik penyempurnaan penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, secara virtual di pendapa rumah dinas Bupati Blora. (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Pemerintah akan memprioritaskan pembangunan sejumlah infrastruktur di Kabupaten Blora, termasuk di antaranya Bendung Gerak Karangnongko.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati, sekaligus Bupati terpilih H Arief Rohman MSi dalam konsultasi publik penyempurnaan penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022.

Acara yang diselenggarakan secara virtual oleh Pemkab Blora itu, disentralkan di pendapa rumah dinas Bupati Blora, Kamis (28/1).

Hadir dalam acara itu, Bupati Djoko Nugroho serta jajaran Forkopimda, sejumlah Kepala OPD, Camat serta tokoh masyarakat. Semua yang mengikuti acara tersebut, mengikuti dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

“Untuk tahun 2022, kami memprioritaskan pembangunan Bendung Gerak Karangnongko, kami mohon dukungan dari seluruh jajaran Forkopimda dan stakeholder di wilayah Kabupaten Blora, untuk menyukseskan program pemerintah pusat, karena untuk pembangunan tersebut dibutuhkan lahan dengan memindahkan rumah penduduk,” kata Wabup, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Selain bendung gerak, agenda pembangunan selanjutnya adalah jalan Randublatung-Getas.

“Prioritas selanjutnya adalah pembangunan akses jalan Randublatung – Getas tembus Ngawi yang saat ini sudah masuk dalam Perpres,” kata dia.

H Arief Rohman juga menaruh perhatian serius terhadap upaya penurunan angka kemiskinan di Blora, yang kini naik menjadi 11,96%. Kemudian angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) yang kini berada di angka 4,89%. Selain itu, kondisi jalan Mantap di tahun 2020 yang kini berada di angka 63,71.

Bupati terpilih juga memaparkan terkait produktivitas hasil pertanian dan perternakan kedepannya, mulai dari upaya peningkatan produksi hingga ketersediaan pupuk.

“Terkait dengan persoalan pupuk akan dikoordinasikan dengan stakeholder untuk dibantu ketersediaan pupuk dan upaya peningkatan produksi pangan khususnya produksi padi dan jagung. Pemkab juga sedang bersinergi dengan Perguruan tinggi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas peternakan sapi.” lanjutnya.

Mengusung tema RKPD pada tahun 2022 adalah pemulihan ekonomi melalui peningkatan kualitas infrastruktur yang mendukung pelayanan dasar.

Dalam laporannya, Pejabat Pelaksana Tugas  (Plt) Kepala Bappeda, Free Bayu Alamanda AP MSi melaporkan bahwa kegiatan konsultasi publik ini merupakan penyempurnaan awal RKPD Kab. Blora Tahun 2022.

“Tahun perencanaan telah kami awali dengan musrenbang desa / musrenbang kelurahan tahun 2020 dan telah selesai. Yang kemudian dilanjutkan dengan penyusunan awal renja, dan RKPD sampai Januari 2021,” kata Bayu

Tujuan diadakannya konsultasi publik ini untuk membahas bersama rancangan awal RKPD 2022

“Kegiatan ini kami selenggarakan untuk memperoleh saran, masukan dalam rangka penyempurnaan dalam penyusunan RKPD tahun 2022,” kata Free Bayu Alamanda.

Disampaikan pula, bahwa arah kebijakan pembangunan tahun 2022 berdasarkan RPJPD Tahun 2005-2025, yaitu mewujudkan SDM berkualitas, mewujudkan ekonomi masyarakat, mewujudkan pemenuhan kuantitas dan kualitas sarana prasarana, mewujudkan tata pemerintahan yang demokratis, serta mewujudkan kondisi sosial politik yang tentram, tertib dan aman.

Dalam kegiatan tersebut, Pemkab dan DPRD juga menerima berbagai masukan untuk pembangunan 2022 dari beberapa elemen masyarakat.

Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho menitipkan pesan kepada penerusnya untuk memprioritaskan pembangunan wilayah Blora Selatan.

“Pak Arief, Bu Etik, saya titip untuk pembangunan Jalan Randublatung – Getas, apabila tembus Ngawi bisa membuka akses bagi masyarakat kita di Blora Selatan. Dan satu lagi untuk antisipasi pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan berakhirnya, artinya keuangan Negara dan Pemkab tergantung sampai kapan pandemi ini,” pesan Djoko Nugroho.

Bagi masyarakat yang hendak memberikan masukan dan saran dalam rangka penyusunan RKPD 2022, Pemkab Blora memfasilitasi dengan adanya form secara daring di laman bit.ly/MasyarakatUsulRKPD2022

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penyampaian masukan dari masyarakat yang diwakili oleh Kepala Dinas PMD dan Tokoh masyarakat, diketahui oleh Bupati Djoko Nugroho serta Bupati Terpilih. (HS-08).

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.