Pembalap Pertama Juara MotoGP setelah Kampiun Moto3

Joan Mir/dok

 

HALO SPORT – Joan Mir menjadi pembalap pertama yang memenangi gelar juara dunia MotoGP setelah menjadi kampiun Moto3.

Mir, rider Suzuki Ecstar, mengunci titel pada MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/1/2020). Pria 23 tahun kelahiran Palma de Mallorca, Spanyol ini memang hanya finis pada posisi ketujuh.

Namun, itu sudah cukup untuk memastikan gelar juara dunia. Franco Morbidelli, yang finis pertama, tak mungkin bisa melewati total poinnya.

Tinggal menyisakan satu balapan di MotoGP Portugal (22/11/2020), Morbidelli yang kini menduduki posisi kedua terpaut 29 poin di belakang Mir. Dalam MotoGP, podium pertama mendapat 25 angka.

Joan, yang sekarang mengemas 171 poin, mengulang pencapaian Kenny Roberts Jr. Kenny menjadi pembalap Suzuki terakhir yang menjadi kampiun kelas utama pada 2000.

Mir memulai membalap pada Moto3 tahun 2015 hingga 2017. Dia menjadi juara Moto3 pada 2017, dan kemudian naik ke kelas Moto2.

Joan hanya semusim di Moto2 dengan pencapaian terbaik berada di peringkat keenam. Mulai 2019, dia mencoba MotoGP bersama Suzuki Ecstar.
Debutnya terbilang lumayan.

Pada akhir musim, dia menduduki posisi ke-12 dengan mengoleksi 92 poin.

Pada musim ini, pandemi Covid-19 memaksa Federasi Motor Internasional (FIM) memundurkan jadwal dan mengurangi jumlah lomba.

Pandemi, ditambah absennya juara bertahan Marc Marquez yang mengalami cedera, ikut menaungi keberuntungan Mir.

Lewat dukungan tim yang jempolan di bawah komando Davide Brizio, akhirnya Joan mendapat pengalaman terbaik dalam hidupnya. Bukan itu saja, Suzuki juga mendominasi poin dalam tabel tim dan konstruktor.

Selamat, Joan! Kini, Mallorca memiliki satu atlet hebat lagi setelah melahirkan petenis kidal dengan koleksi 20 gelar Grand Slam, Rafael Nadal. Vamos..!(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.