Pemain Timnas U-16 Harus Menjalani Uji Fisik di Gym, Ini Fungsinya

Salah satu pemain Timnas U-16 yang menjalani uji fisik di gym hotel tempat mereka menginap di Yogyakarta, Selasa (15/12/2020). (foto dok PSSI).

 

HALO SPORT – Skuad Timnas U-16 saat ini menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta.

Selain menjalani latihan di lapangan Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Tim Garuda Muda juga mendapatkan latihan fisik di gym hotel tempat mereka menginap.

Seperti dilansir web resmi PSSI, pelatih fisik tim, Gilang Ramadhan menjelaskan, perlunya latihan fisik di gym ini untuk mengetahui kemampuan dan konidisi pemain.

“Kami berlatih di gym mengenai repetisi maksimal, untuk melihat beban maksimal dari tiap-tiap pemain guna mengetahui program dari masing-masing anak. Tiap anak mempunyai beban maksimal yang berbeda-beda. Jadi nanti setelah ini didapat, kita akan coba bagi mereka per itemnya. Mulai dari strength, power, sampai nanti polymatric,” jelasnya.

Materi dan target yang ingin dicapainya pun, menurut Gilang, akan berbeda.

“Setiap posisi pun akan berbeda-beda, contoh kiper, mereka lebih kuat di tangan dan bahu. Sementara posisi lain lebih kuat di leg pressnya, karena otot quadricepsnya. Malahan hamstring mereka kurang kuat, 3 banding 1 dengan kekuatan otot kaki depannya,” tuturnya.

Gilang mengungkapkan, kondisi fisik para pemain dalam TC yang sudah berlangsung sejauh ini.

“Kondisi anak-anak selama TC saya bilang luar biasa perkembangannya. Sebenarnya kita tinggal tunggu melihat lawannya saja. Kalau internal game, kita kan tahu lawannya. Kondisi fisik mereka lagi naik, karena kita juga sudah beberapa kali treatment latihan endurance, speed, sama latihan strength. Jadi seminggu itu selalu ada latihan tiga item tersebut,” tutupnya.

Latihan fisik ini juga merupakan rangkaian dari pemusatan latihan yang dilakukan dalam mempersiapkan skuad Timnas U-16 jelang putaran final Piala AFC U-16 yang rencananya akan berlangsung di Bahrain awal tahun 2021 mendatang.

Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi ini dan tergabung di grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.