in

Pelebaran Jalur di Tol Jakarta-Cikampek Rampung, Kurangi Kepadatan Arus Mudik Lebaran 2023

Foto : pu.go.id

 

HALO SEMARANG – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bersama Subholding PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga (Persero) Tbk, menjelang mudik Lebaran 2023, telah menyelesaikan pelebaran satu jalur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dari tiga menjadi empat jalur pada kedua arahnya.

Hal itu disampaikan Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Budi Harimawan Sumihardjo, saat mendampingi Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI, meninjau kesiapan infrastruktur dan transportasi untuk mendukung Mudik Lebaran 2023 baru-baru ini.

Dia mengatakan bahwa pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek merupakan salah satu proyek prioritas pemerintah yang dikerjakan oleh Jasa Marga untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas saat mudik Lebaran 2023.

“Ini salah satu solusi untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas saat arus mudik nanti,” kata Budi Harimawan, seperti dirilis pu.go.id, Minggu (16/4/2023)

Budi Harimawan menjelaskan, bahwa lokasi pelabaran tersebut berada pada lajur pertemuan ruas tol Jakarta-Cikampek bawah dengan Jakarta-Cikampek Elevated Jalur A sepanjang 16,3 Km (Km 50+400 s.d. Km 66+700) dan Jalur B sepanjang 11,8 km (Km 61+500-Km 49+700), serta telah selesai pada 7 April 2023 dan sudah dilakukan open traffic.

“Selain itu telah diselesaikan juga pelebaran jalan pada jalur utama di depan TIP km 86, 102, dan 130 Jalan Tol Cikampek-Palimanan arah A dan B masing – masing sepanjang kurang lebih 1,5 Km, pelebaran tersebut semula tiga menjadi empat lajur dan telah selesai pada 12 April 2023,” tambah Budi Harimawan.

Untuk meningkatkan layanan Lebaran, Kementerian PUPR bersama Jasa Marga juga memfungsikan beberapa jalur alternatif yaitu, Sadang sampai Kutanegara (Jakarta Cikampek Selatan) untuk arus balik Sadang–Taman Mekar (28,5 Km) masuk kembali melalui GT Karawang Barat (± 16 Km).

Selanjutnya Jasa Marga memfungsionalkan pada Ruas Solo-Yogyakarta (arus mudik dan balik) Segmen Kartasura-Klaten (Colomadu sampai dengan Jl.Sawit sepanjang ± 6 Km). Kemudian juga fungsional akses Km 99 Cipularang, dan akses keluar darurat Km 149 Padaleunyi.

Sementara Wakil Ketua Komisi V DPR RI juga Ketua Tim Kunker Ridwan Bae mengapresiasi upaya yang dilakukan Kementerian PUPR bersama BUJT dalam hal ini Jasa Marga, telah meningkatkan pelayanan jelang Mudik Lebaran 2023.

“Kami dari Komisi V DPR RI tentunya berharap agar mudik tahun ini penanganannya lebih baik lagi dengan mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengguna jalan,” jelas Ridwan Bae.

Hal senada disampaikan Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk Agus Setiawan, menurutnya agar kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik melalui jalan tol untuk memastikan kesiapan perjalanan dengan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik.

“Hindari perjalanan pada tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik, serta hindari perjalanan di waktu favorit, seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa. Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol,” kata Agus Setiwan. (HS-08)

Pastikan Mudik Aman dan Lancar, Kapolri Listyo Sigit Pantau Arus Mudik Melalui Udara

Ngabuburit Bareng, Rektor USM: Ramadan Bulan Penuh Rahmat