Pelatihan Pengolahan Susu, Buka Peluang Usaha Baru

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, ketika membuka pelatihan pengolahan susu, di aula Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus. (Foto : Laman Pemkab Kudus)

 

HALO KUDUS – Pengolahan susu menjadi kefir dan yoghurt, membuka peluang baru dalam bidang usaha peternakan. Kedua produk fermentasi tersebut, diyakini mempunyai segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya merawat kesehatan kulit.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, ketika membuka pelatihan pengolahan susu di aula Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Kamis (25/3).

Mawar menyampaikan bahwa susu kambing dan sapi, mempunyai banyak kandungan gizi, yang sangat membantu masa pertumbuhan anak.

Terlebih lagi melalui proses fermentasi, manfaat susu dapat menjadi lebih luas lagi, bahkan merambah ke produk kosmetik dan kecantikan.

“Sekedar sharing, yoghurt yang tawar atau murni, bisa kita jadikan sebagai masker wajah. Kandungan zink-nya mampu meregenerasi sel, pertumbuhan jaringan kulit, dan mencegah jerawat,” kata dia, seperti dirilis laman resmi Pemkab Kudus.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan pelatihan. Pasalnya, peserta yang sebagian besar merupakan pelaku usaha, mendapat keterampilan baru yang dapat diimplementasikan secara langsung.

Mawar Hartopo berharap, kegitan tersebut dapat berjalan secara berkesinambungan di waktu mendatang.

“Kami berpesan, supaya dapat diikuti dengan sebaik-baiknya dan dapat segera diaplikasikan. Semoga tidak hanya di sini saja, tapi selalu ada kontinuitasnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Catur Sulistiyanto, berharap pelatihan yang diikuti 30 peserta tersebut, dapat mengangkat potensi kefir dan yoghurt, sebagai pangan fungsional maupun kosmetik. Pelatihan tersebut menghadirkan dua narasumber yang telah berpengalaman dari dunia akademisi dan usaha.

“Bimtek terkait pengolahan susu menghadirkan narasumber dari dosen atau akademisi dan pengusaha. Kami berharap pelatihan pengolahan susu dapat diikuti dengan sebaik-baiknya dan berjalan dengan lancar,” tuturnya. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.