in

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Diisi Dengan Kirab Ageng Mapag Dalem

Pelaku Budaya Kendal, Kelana Siwi dan para pengisi acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kendal.

 

HALO KENDAL – Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto dan Windu Suko Basuki, tinggal menghitung jam. Berbagai persiapan dilakukan Pemkab Kendal untuk prosesi acara pelantikan di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kamis (25/2/2021).

Salah satunya persiapan dalam acara penyambutan, yang akan dikemas dalam “Kirab Ageng Mapag Dalem”.

Koordinator acara penyambutan dari pelaku budaya Kendal, Kelana Siwi Kristianingtyas mengatakan, persiapan yang dilakukan adalah penataan koreo, untuk penari dan bagian penyambutan bupati wakil bupati.

“Hari ini kegiatan gladi bersih yang diikuti lima penari, 10 prajurit bergaya Mataraman, satu Manggolo Yudho dan tiga Sinok Kendal,” jelasnya.

Dikatakan, dalam prosesi nanti, baik bupati maupun wakil bupati akan diarak dengan menggunakan dua kereta kuda, dari halaman Kantor DPMPTSP Kendal menuju gerbang kantor kabupaten.

“Di gerbang kabupaten, Bapak Dico dan Pak Basuki akan disambut oleh Sinok Kendal dengan pengalungan bunga, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju pendopo dengan dikawal sepuluh prajurit. Sampai di depan pendopo, bupati dan wakil bupati disambut oleh penari Wira Pertiwi,” katanya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kendal, Winarno mengatakan, ada tiga kepala daerah yang dilantik langsung oleh Gubernur Jateng, yaitu Kepala Daerah Kabupaten Kendal, Kota Semarang, dan Kabupaten Semarang.

“Pelaksanaan pelantikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah di Semarang, Jumat (26/2/2021) dan diikuti kepala daerah lainnya di daerah masing-masing secara virtual,” jelasnya.

Dijelaskan, setelah mengikuti pelantikan di Semarang, Bupati dan Wakil Bupati Kendal langsung kembali ke Kendal untuk mengikuti acara ramah tamah dengan anggota Forkopimda, pimpinan DPRD, dan ketua partai politik di Pendopo Kabupaten.

“Sebelum masuk ke Pendopo, terlebih dulu dilakukan kirab penyambutan Bupati dan Wakil Bupati menggunakan kereta kencana, mulai sebelah timur Alun-alun Kendal sampai pintu gerbang Kantor Bupati. Namun prosesi ini akan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat,” terang Winarno.

Winarno juga mengimbau, bagi para pendukung maupun masyarakat lainnya tidak perlu datang ke lokasi, karena Pemkab Kendal akan menyiarkan secara langsung melalui streaming Youtube.

“Masyarakat dapat menyaksikan langsung prosesi pelantikan melalui Youtube. Mulai dari acara pelantikan sampai prosesi kirab penyambutan dan ramah tamah selesai. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan massa,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi Diskominfo Kendal, Ahmad Syahrul menambahkan, pihaknya juga menyediakan layar monitor di pendopo untuk menyaksikan langsung prosesi pelantikan bagi para tamu undangan.

“Bagi kepala para Organisasi Perangkat Daerah dan para camat, bisa menyaksikan secara langsung melalui youtube di kantor masing-masing,” singkatnya.(HS)

Share This

Generali Luncurkan Fitur Baru Dokter Leo Tebus dan Antar Obat Langsung ke Rumah

Uluran Tangan Bank Jateng Cabang Pemalang Untuk Korban Banjir di Kecamatan Ulujami