Pelaku UMKM di Demak Dilatih Lobi Bisnis

Pelatihan Teknik Lobi dan Negosiasi Bisnis UMKM yang digelar Rumah Kreatif BUMN. (Foto : Jatengprov.go.id)

 

HALO DEMAK – Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Demak, harus bisa melakukan lobi bisnis, untuk mengembangkan usaha mereka.

Komunikasi semacam itu merupakan unsur terpenting, dalam menjalankan bisnis, agar dapat mencapai kesepakatan bisnis yang saling menguntungkan.

Pentingnya pelaku UMKM memahami negosiasi tersebut disampaikan Korwil Komite Ekonomi Kreatif Jateng, Eko Aribowo, saat menjadi narasumber pelatihan Teknik Lobi dan Negosiasi Bisnis UMKM yang digelar Rumah Kreatif BUMN, seperti dirilis Jatengprov.go.id, Jumat (13/11).

Menurut dia, dalam melobi dan negosiasi dibutuhkan komunikasi. Melalui komunikasi, pebisnis mampu melakukan pertukaran gagasan dan informasi, yang memiliki tujuan tertentu, dengan disajikan secara personal melalui ucapan, kata, atau simbol.

“Sebelum melakukan komunikasi, terlebih dahulu kita harus faham dengan informasi yang akan kita sampaikan. Selain itu kita harus berani, jangan malu, dan harus percaya diri,” kata dia.

Menurut dia, komunikasi merupakan kunci dari bisnis. Tanpa komunikasi yang baik, berakibat pada krisis kepercayaan konsumen pada produk kita,” kata Eko.

Lobi dalam bisnis, dapat dilakukan oleh individu atau kelompok, agar dapat mempengaruhi orang atau organisasi yang memiliki kedudukan penting, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi pelobi, untuk dapat melakukan pemasaran dalam rangka pendekatan kepada calon pembeli.

“Anda harus bisa menerapkan seni keterampilan lobi bisnis, dari kemampuan membaca teks dan konteks, kemampuan menulis, kemampuan dalam berbahasa, kemampuan mempresentasikan gagasan, kemampuan mendengarkan, hingga kemampuan komunikasi seperti gestur atau bahasa tubuh yang baik,” imbuhnya.

Koordinator Rumah BUMN Demak Aristia Rizqi Nadzir berharap, melalui pelatihan yang di berikan para peserta dapat menerapkan ilmu yang didapatkan, sehingga mampu melakukan komunikasi yang baik dan benar untuk mendukung lobi dan negosiasi bisnis untuk menyampaikan suatu informasi pemasaran. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.