in

Pelaku Perhotelan Optimistis dengan Kebijakan Kelonggaran Kegiatan Masyarakat

Foto ilustrasi.

 

HALO SEMARANG – Pelaku perhotelan di Kota Semarang menyambut baik dengan adanya kebijakan kelonggaran bagi pelaku usaha, terutama sektor perhotelan dan lainnya terkait Pelaksanaan Pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari Pemerintah Kota Semarang.

Seperti diketahui, pemberian kelonggaran ini untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 di Kota Semarang yang angka penularannya menurun, sekaligus dalam menyambut bulan suci Ramadan 1442 H atau tahun 2021.

Diharapkan, adanya kelonggaran kegiatan masyarakat seperti kegiatan sosial-budaya, keagamaan, kuliner, serta hiburan, bisa menggeliatkan perekonomian masyarakat. Tentunya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

General Manager Hotel Ciputra Semarang, Jefri Febrianto mengatakan, pihaknya menyambut baik kelonggaran yang diberikan Pemkot Semarang kaitannya dengan pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari sebelumnya. Dengan adanya kelonggaraan yang diberikan tetsebut, pihak hotel bisa lebih leluasa untuk mempersiapkan berbagai promo jelang Ramadan.

“Untuk tingkat hunian kamar atau okupansi kamar hotel pada Maret 2021, Alhamdulillah meningkat menjadi 60 persen. Dibandingkan Januari-Februari 2021 kemarin yang masih sekitar diangka 50 persen,” katanya, Sabtu (10/4/2021).

Diharapkan, dengan adanya kelonggaraan dari pemerintah Kota Semarang, berpengaruh positif pada roda perkonomian masyarakat.

Sementara itu, CEO Dafam Hotel Management (DHM), Andhy Irawan mengakui, tingkat okupansi kamar di seluruh jaringan hotel DHM, saat ini mulai merangkak naik. Meski belum signifikan, masih sekitar di angka 50 persen, namun menurutnya ini sudah lebih baik.

“Tingkat okupansi kamar di seluruh jaringan hotel DHM, merangkat naik. Sekitar 50 persen okupansi kamarnya. Tapi, ada beberapa hotel yang tingkat keterisian kamarnya di atas 50 persen,” kata Andhy, baru-baru ini.

Andhy berharap, situasi ini akan terus membaik, terutama bagi sektor perhotelan saat menyambut bulan suci Ramadan dan libur Lebaran Idul Fitri tahun 2021.(HS)

Share This

Musala Al Basuki Desa Gempolsewu Diresmikan

Wakil Bupati Kendal: Madrasah Ibtidaiyah Harus Bisa Menciptakan Generasi Islami