Pelaku dan Pelestari Budaya Kendal Beri Gelar “Pager Bumi Satrianing Nagari” Kepada Basuki

Basuki usai mengikuti acara tasyakuran masyarakat Desa Kertosari, Kecamatan Singorojo, Kendal.

 

HALO KENDAL – Para pelaku dan pelestari budaya di Kabupaten Kendal yang tergabung dalam Panembahan Sangha memberikan gelar “Pager Bumi Satrianing Nagari” kepada Wakil Bupati Kendal terpilih, Windu Suko Basuki.

Gelar tersebut diberikan secara spontan, saat Basuki sapaan Wabup terpilih, menghadiri undangan tasyakuran masyarakat Desa Kertosari, Kecamatan Singorojo, Kamis (21/1/2021).

Kelana Siwi salah satu dari sembilan orang di Panembahan Sangha mengaku, pemberian gelar ini adalah wujud tanggung jawab spiritual dan kultural baginya terhadap kemenangan Dico-Basuki di Pilkada Kendal 2020 yang harus tetap dipegang.

“Pemberian gelar ini sendiri adalah tetenger atas tanggung jawab kami secara spiritual dan kultural terhadap pasangan tersebut. Bagaimanapun, lewat Basuki kami harus mendukung pemerintahan Kabupaten Kendal hingga akhir periode,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Misbahul Munir mengatakan, pemberian gelar yang diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Windu Suko Basuki atas semua usaha yang dilakukan untuk mengabdi kepada masyarakat Kendal.

Selain itu, menurut Munir yang juga menjabat sebagai Ketua GP Ansor Kendal, selama ini Basuki sedikit banyak telah membantu masyarakat Kendal.

“Kami berharap dengan gelar tersebut Pak Basuki bisa menjadi sosok ksatria yang akan terus memagari bumi Kendal dari anasir-anasir atau sengkala buruk,” jelas Gus Munir usai membacakan doa dalam acara penganugerahan.

Sementara itu, Wabup Kendal terpilih, Windu Suko Basuki saat ditemui di rumah Pemenangan Dibas mengaku, dirinya tidak mengetahui jika kedatangan di tempat tersebut akan diberikan sebuah gelar oleh Panembahan Sangha.

“Saya kaget tidak mengira di acara tersebut saya diberi gelar. Karena sebelumnya saya tidak tahu dan tidak dikonfirmasi dulu. Saya terima gelar ini dengan bahagia. Dan saya akan menjaga amanah ini,” ungkapnya, Jumat (22/1/2021).

Menurutnya, pemberian gelar tersebut adalah sebuah ekspetasi dari masyarakat sekaligus dukungan kepada pemerintahan Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki.

Basuki juga berharap, dengan diberikannya gelar tersebut bisa memotivasinya dalam membangun Kendal yang jauh lebih baik lagi.

“Kepercayaan ini akan saya jaga betul. Masyarakat memberi amanat kepada kepemimpinan Dico Basuki, untuk membawa kemajuan Kendal,” ujarnya.

Basuki juga mengungkapkan, pasca dilantik mendatang, dalam menjalankan roda pemerintahannya, tentu tidak serta merta dapat merealisasikan program-program yang menjadi visi dan misinya.

“Tahun pertama pemerintahan kami kan masih menggunakan anggaran yang sudah ditetapkan dalam pemerintahan sebelumnya. Sehingga kami harus skala prioritas terhadap program yang akan dilakukan,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga akan berhati-hati dalam penggunaan anggaran, khususnya mana yang harus didahulukan. Terlebih program tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Gelar ini kan maknanya bagus, jadi mudah-mudahan bisa memotivasi saya ketika mengabdi ke masyarakat mendampingi Bapak Bupati, Dico M Ganinduto. Semoga ke depan Kendal bisa lebih maju dan berkembang,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.