in

Pelajari Pengelolaan Limbah, TP PKK Tempuran Magelang Kunjungi Purworejo

TP PKK Desa Growong, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang ketika melakukan studi banding ke TP PKK Kelurahan Pangenjurutengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. (Foto : Purworejokab.go.id)

 

HALO PURWOREJO – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Growong,  Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang melakukan studi banding ke TP PKK Kelurahan Pangenjurutengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, untuk mempelajari gerakan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya PKK) dan pengolahan limbah rumah tangga.

Rombongan dari Magelang, diterima Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo, Dra Erna Setyowati Said Romadhon, di Balai RW 08 Pangen Jurutengah, Rabu (10/11).

Turut mendampingi, Plt Sekcam Purworejo Adi Pawoko SSTP MSi, Lurah Pangen Juru Tengah, Ketua PKK Kecamatan, Ketua PKK Pangen Jurutengah, dan sejumlah pengurus PKK.

Camat Tempuran, Yuvita Isni Kadratin SE MM yang memimpin rombongan, mengungkapkan studi banding ini bertujuan untuk mempelajari pengolahan sampah, hingga menjadi barang bermanfaat.

Selain itu juga bertukar ilmu tentang penerapan Hatinya PKK di lahan sempit, seperti misalnya halaman rumah.

Yuvita menjelaskan bahwa Desa Growong, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, berada di dataran tinggi, sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Wilayah ini  memiliki beragam potensi, antara lain adalah budi daya tanaman obat.

“Tentunya apa yang kami peroleh di sini, diharapkan dapat diterapkan di Desa Growong, sehingga sampah dan halaman dapat terkelola dengan baik,” kata Yuvita, seperti dirilis Purworejokab.go.id.

Sementara itu Erna Setyowati Said Romadhon, menjelaskan bahwa Kelurahan Pangenjurutengah, telah memperoleh juara 2 tingkat Kabupaten Purworejo, dalam lomba Hatinya PKK, dan juara I dalam lomba Taman Pintar tingkat Kabupaten Purworejo.

Dikatakan, pengolahan Hatinya PKK dan pengolahan limbah rumah tangga, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan PKK Pokja III. Masing-masing rumah memanfaatkan halaman yang ditanami sayuran buah hingga tanaman hias.

“Termasuk dalam pengolahan sampah sudah dibiasakan memilah sampah, kemudian disetorkan di bank sampah, yang berbagi hasil penjualan untuk mendukung kegiatan PKK RW,” jelasnya.

Plt Sekcam Purworejo Adi Pawoko SSTP MSi mengatakan, warga Pangenjurutengah memiliki semangat yang tinggi dalam kegiatan PKK. “Tentunya dengan menjadi juara Hatinya PKK, diharapkan bisa menularkan apa yang menjadi keunggulannya, sehingga dapat bermanfaat serta dapat saling bertukar ilmu,” katanya.

Usai pertemuan, tim rombongan dari Magelang juga melihat bank sampah, taman pintar, rumah sehat, pemanfaatan halaman. Rombongan juga melihat hasil kerajinan tangan, seperti pembuatan tas dari limbah, batik tulis, dan minyak kelapa. (HS-08)

Share This

Karya Bakti Pramuka Jabar dan Jateng Bangun Jembatan Pramuka Hubungkan Dua Kecamatan Losari

Sarpras PAUD Perlu Ditingkatkan