in

Pelajar SMK Penda 2 Karanganyar dan Warga Jumapolo Menangi Lomba Kreanova 2021

Bupati melihat salah satu karya peserta kreanova yang menjadi juara I kategori pelajar, pada ajang lomba kreanova 2021, Kamis (12/8). (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Pelajar SMK Penda 2 Karanganyar dan warga Jumapolo, berhasil memenangi Lomba Kreativitas dan Inovasi (Kreanova) tahun 2021, yang digelar Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Karanganyar.

Pemenang dari kategori pelajar, adalah Arif Hermawan dan Muhammad Panggih Qomarudin dari SMK Penda 2 Karanganyar. Keduanya membuat karya pengambil sampah otomatis hemat energi.

Ternyata karya keduanya, mampu tampil sebagai juara pertama kategori pelajar.

Sementara untuk kategori masyarakat, yakni Sunarno Agus Setyawan dan Sujarmoko, warga Jumapolo, dengan rekayasa mesin pencacah pakan multifungsi, sebagai terobosan untuk pemenuhan kebutuhan pakan ternak dan pupuk organik padat murah dan berkualitas.

Kepala Baperlitbang Karanganyar, Dwi Cahyono mengatakan dalam lomba Kreanova ini terdapat 37 karya peserta yang lolos seleksi dengan kategori pelajar dan masyarakat.

Pihaknya mengapresiasi warga Karanganyar, yang berhasil  meningkatkan kemampuan dalam inovasi dan kreativitas.

“Di masa pandemi ini, ternyata pelajar dan masyarakat masih bersemangat menampilkan hasil inovasi dan kreativitas yang bermanfaat bagi masyarakat umum. Tentunya temuan ini dapat menjadi aset bagi Karanganyar dan berpotensi untuk dikembangkan,” kata dia, seperti dirilis Karanganyarkab.go.id.

Sementara Bupati Karanganyar, Juliyatmono, dalam sambutannya menyampaikan lomba Kreanova ini merupakan wadah bagi masyarakat, untuk menampilkan karya dan inovasi terbaiknya.

Pemerintah Kabupate sendiri siap memberi pendampingan jika karya-karya terbaik dapat diproduksi secara massal dan memberi dampak signifikan di masyarakat.

“Ini inovasi-inovasi keren. Semoga Baperlitbang dapat membantu dalam memperbanyak produk hasil kreasi yang terbaik,”ujarnya. (HS-08)

Share This

Yayasan Kesehatan Telogorejo dan Komunitas Tionghoa Gandeng Pemkot Semarang Bantu Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

Hampiri Anggota Paskibra yang Tengah Berlatih, Bupati Juliyatmono Berikan Semangat