in

Pelajar SMK N 1 Sawit Sulap Barang Bekas Jadi Produk Bermanfaat

Didampingi guru pembimbing dengan bekerja secara kelompok para siswa SMK N I Sawit membuat karya dari barang bekas, untuk menjadi sebuah barang yang bermanfaat. (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Para siswa SMK Negeri 1 Sawit, Kabupaten Boyolali, mengembangkan kreativitas mereka untuk mengubah limbah menjadi barang bernilai ekonomis.

Mereka bisa mengubah barang-barang bekas, seperti keyboard bekas, triplek, dan benda-benda lain untuk dijadikan perlengkapan sekolah, semisal tempat pensil.

Kepala SMK Negeri 1 Sawit, Badari mengatakan bahwa dengan menggunakan Kurikulum Merdeka, para guru memberikan kebebasan kepada siswa, untuk membuat suatu karya dari limbah, yang dapat ditemukan di sekitar sekolah, untuk mencapai profil pelajar Pancasila.

“Semua sarana yang ada di sekolah ini untuk kepentingan siswa siswa kita dalam rangka untuk mencapai profil pelajar Pancasila,” kata dia, seperti dirilis boyolali.go.id.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan terobosan oleh sekolah, untuk mendidik siswa agar lebih kreatif dalam memanfaatkan benda-benda yang sudah tak terpakai.

“Limbah-limbah di ini kalau dibiarkan tidak ada nilainya. Tetapi dari anak-anak ini memiliki inisiatif mengolah menjadi produk, yang ada nilai estetika, kemudian yang lebih penting ada nilai jual,” kata dia.

Para siswa memanfaatkan limbah yang ada di lingkungan sekolah seperti keyboard komputer, kabel jaringan internet, botol plastik, peralon dan lainnya menjadi barang yang bermanfaat seperti tempat pensil, dompet, gantungan kunci, lampu hias duduk dan sebaginya.

“Inilah akan tercapai bahwa pendidikan di SMK Negeri 1 Sawit ini tidak hanya pada kompetensinya, tidak hanya pada softskill tetapi pada pengembangan kewirausahaan ini yang kita tanamkan kepada anak anak,” katanya.

Salah satu siswa SMK Negeri 1 Sawit yang ikut membuat karya, Galih Pramana mengaku mendapatkan ide membuat kotak pensil dari limbah keyboard dan triplek bekas di sekolahnya.

“Idenya dari ada bahan bekas yang tidak terpakai bisa digunakan menjadi bahan yang berguna dan menghasilkan produk yang berkualitas,” ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, SMK Negeri 1 Sawit memiliki 1.251 siswa. Terdiri atas lima program keahlian, yakni teknik otomotif, teknik mesin, teknologi farmasi, teknologi kimia industri, dan teknik jaringan komputer dan telekomunikasi. (HS-08)

Siswa di Klaten Segera Nikmati Layanan Antar-Jemput Gratis

Pemkab Wonosobo Bantu 30 Pelaku Ekraf Urus HAKI