in

Pelajar Asal Papua Dikukuhkan Jadi Paskibra Kota Pekalongan

Acara pengukuhan anggota paskibra Kota Pekalongan, di Ruang Amarta Sekretariat Daerah Kota Pekalongan. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Sebuah kebanggaan bagi Opra Makabori (16 tahun), siswi kelas XII asal Jayapura, Papua, yang mendapat kesempatan menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Kota Pekalongan.

Opra yang kini mengikuti Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) Papua dan Papua Barat, di SMA Negeri 2 Pekalongan itu, bersama 68 siswa lainnya, terpilih masuk tim Paskibra Kota Pekalongan 2021.

Mereka pun resmi dikukuhkan oleh Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE, di Ruang Amarta Setda, Minggu (18/5).

Opra Makabori mengaku semangat dan bangga menjadi anggota tim paskibra Kota Pekalongan. Dia juga mengakui latihan yang dilakukan tidak hanya baris berbaris, tetapi juga fisik, penguatan ideologi Pancasila, dan sikap nasionalisme.

Semua latihan itu, dijalani dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, karena saat ini masih berlangsung wabah Covid-19.

“Dari awal seleksi persiapan luar biasa semangat. Meskipun jauh dari orang tua, tetapi kita harus semangat dan berusaha lulus paskibra. Lalu selama dikarantina agar fisik selalu baik yang dipersiapkan joging, makan teratur, tidur teratur dan menjaga prokes,” ungkap Opra Makabori.

Ia juga mengaku siap melaksanakan tugas sebagai tim Paskibra pada 17 Agustus mendatang.

Selama belajar di Kota Pekalongan, Opra menilai kota ini memberikan kesan positif dan membuatnya betah untuk tinggal.

“Kesannya luar biasa. Orang Pekalongan ini sangat baik-baik, jadi betah di kota Pekalongan. Harapannya semoga upacaranya lancar dan tidak terjadi kendala apapun,” kata dia.

Semangat Opra mendapat apresiasi dari Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE. Wali kota menyampaikan bahwa ada lima pelajar asal Papua, yang saat ini menempuh pendidikan di SMAN 2 Pekalongan dan SMAN 4 Pekalongan, salah satunya Opra Makabori.

“Mudah-mudahan adik-adik paskibra Kota Pekalongan ini, bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Sebab menjadi tim paskibra tidak mudah, butuh latihan, kerja keras dan semangat pantang menyerah,” tutur Aaf.

Sebelumnya, Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE mengukuhkan 68 pelajar SMA dan SMK, menjadi anggota paskibra, di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan. Upacara pengukuhan dilakukan secara terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dalam upacara tersebut, Wali Kota Aaf bertindak sebagai pembina. Adapun pemimpin upacara diwakili oleh salah satu tim Paskibraka 2021.

Aaf kemudian membacakan pernyataan pengukuhan anggota Paskibraka yang akan bertugas pada saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang.

“Dengan memanjatkan puja-puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat dan taufik-Nya. Maka hari ini, Minggu (15/8), saya kukuhkan saudara-saudara sebagai Paskibraka tahun 2021. Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Semoga Allah Swt meridai langkah dan usaha kita semua,” kata Wali Kota.

Sebelumnya, Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota Pekalongan, Salahudin juga menyerahkan penganugerahan tanda kehormatan Setyalancana Karya Satya, dari Presiden RI kepada 81 PNS, yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah, serta disiplin dengan masa kerja sekurang-kurangnya yakni 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.

Atas nama Pemkot Pekalongan, Walikota Aaf mengucapkan selamat dan terima kasih kepada 81 PNS di lingkup Pemkot Pekalongan, yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun.

Dia berharap, penghargaan ini bisa mendorong dan meningkatkan prestasi kerja, disiplin, dedikasi, serta loyalitas dalam melaksanakan tugas kedinasan sehari-hari demi terwujudnya kota Pekalongan yang lebih baik.

“Hal ini merupakan salah satu catatan terpenting bagi kita semua melalui momentum hari ulang tahun ke 76 proklamasi kemerdekaan RI yang segera akan kita peringatan dua hari mendatang dengan tema ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin STP, Ketua DPRD, Mohamad Azmi Basyir ST MSc, Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih SE MSi, perwakilan Kapolres, Dandim 0710 Pekalongan, dan Kajari, serta jajaran Asisten Setda Kota Pekalongan, dan Kepala OPD terkait. (HS-08)

Share This

Bupati Pekalongan Kukuhkan 27 Anggota Paskibra

Hingga Juli 2021, Pendapatan TPI Pekalongan Capai 39,21 persen