Pekerjaan Rumah Pemimpin Daerah, Mulai dari Pembenahan Infrastruktur, Kesehatan, dan Penanganan Banjir

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu saat dilantik Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Pemprov Jateng, Jumat (26/2/2021).

 

HALO SEMARANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang berharap kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu yang dilantik Jumat (26/2/2021), bisa menuntaskan sejumlah pekerjaan rumah yang ada di Kota Semarang.

Mulai dari pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan, dan penanganan banjir.

Ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman meminta agar Wali Kota da Wakil Wali Kota terpilih yang dilantik Jumat (26/2/2021) ini, agar bisa membawa Semarang untuk lebih hebat.

“Tentu periode kedua ini harus terus berbenah, program yang tertunda pada periode pertama bisa diselesaikan pada periode kedua ini,” katanya.

Untuk skala prioritas, kata Politisi PDI-Perjuangan itu, pengentasan banjir menjadi pekerjaan rumah yang paling utama. Meski pada periode pertama kemarin sudah sangat baik dan luasan banjir pun berkurang.

“Tinggal normalisasi beberapa sungai, kemudian juga beberapa titik pompa ini harus ditingkatkan agar tidak lagi kebanjiran,” ucapnya.

Dari sisi kesehatan, lanjut pria yang akrab disapa Pilus ini, anggaran penanganan Covid-19 masih terus menjadi fokus pada periode kedua. Apalagi pandemi belum diketahui kapan akan berakhir.

“Anggaran Covid-19 juga sudah disiapkan penanganannya, saya rasa Semarang akan semakin hebat pada periode kedua nanti,” imbuhnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Suharsono menilai, dilantiknya Hendi-Ita untuk memimpin Kota Semarang periode kedua ini menjadi bukti, bahwa tingkat kepercayaan masyarakat kepada keduanya sangat tinggi.

“Harapan saya, tentu menjadikan Semarang semakin maju dan hebat. Prestasi yang sebelumnya didapatkan pada periode pertama, juga harus ditingkatkan pada periode kedua ini,” katanya.

Untuk pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pada periode kedua ini, menurut dia adalah pengendalian banjir di Kota Semarang. Meskipun cakupannya lebih kecil dari tahun sebelumnya, tetap harus ada evaluasi yang harus dilakukan.

“Pengendalian banjir sudah bagus, tapi evaluasi saluran harus dilakukan. Karena beberapa kali hujan deras, banjir kembali terjadi. Ini bukti jika saluran drainase yang ada sudah tidak bisa menampung, selain itu juga harus menambah kapasitas dirumah pompa,” imbuh Ketua DPD PKS Kota Semarang ini.

Sebagai kota bisnis dan pariwisata, kata dia, dalam bidang investasi juga harus menjadi perhatian Hendi-Ita pada tahun kedua ini. Ditambah adanya UU Cipta kerja yang juga harus dimaksimalkan untuk menarik investor datang ke Semarang.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso meminta agar upaya pengendalian banjir di Semarang perlu ditingkatkan kembali dengan normalisasi, perbaikan drainase, dan penambahan kapasitas rumah pompa.

“Normalisasi sungai harus dilakukan, juga menambah kapasitas drainase yang ada serta menambah kapasitas pompa,” tambahnya.

Joko menerangkan, pekerjaan lainnya adalah penanggulangan penurunan muka tanah yang terjadi di Semarang. Jika tidak dikhawatirkan akan bertambah parah.

“Karena penurunan tanah, Semarang Utara kerap direndam rob. Meski sudah memaksimalkan pompa dan polder yang ada, tanpa kontrol pengambilan air tanah yang berlebih penurunan tetap akan terjadi,” paparnya.

Agar air tanah tidak dieksplorasi besar-besaran, Joko meminta pelayanan PDAM harus dimaksimalkan.

“Pelayanan PDAM harus menyeluruh, agar pengambilan air tanah bisa berkurang,” tuturnya yang juga anggota Komisi C DPRD itu.

Pemerintah Provinsi Jateng, lanjut Joko, sebenarnya telah memiliki perda tentang larangan pembuatan sumur artetis.

Selain itu, Pemkot Kota Semarang bisa memaksimalkan lahan yang ada untuk penghijauan, serta pembuatan hutan kota.

“Selain sebagai tempat resapan air saat musim hujan, penambahan ruang terbuka hijau bisa membuat Kota Semarang lebih rindang,” pungkasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.