Pekerjaan Rampung, Dalam Waktu Dekat Pasar Pagi Kaliwungu Siap Ditempati

Pasar Pagi Kaliwungu yang sudah selesai dibangun namun belum ditempati pedagang.

 

HALO KENDAL – Pembangunan Pasar Tradisional Kaliwungu Kendal atau yang lebih dikenal “Pasar Pagi Kaliwungu”, kini sudah selesai dikerjakan. Pasar tradisional yang terbakar tahun 2017 lalu tersebut, kini terlihat lebih bersih dari sebelumnya.
Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal, Fran Ardiansyah, Rabu (2/11/2020).

Menurutnya, pembangunan Pasar Pagi Kaliwungu menggunakan anggaran APBN dari Kementerian PUPR. Saat ini tahapannya dalam proses pemeliharaan setelah selesai pembangunan.

“Pasar Pagi Kaliwungu pembangunannya sudah rampung, tetapi masih dalam proses pemeliharaan dari pelaksana. Saat ini menunggu diserahterimakan dari pihak Satuan Kerja (Satker) pelaksana pembangunan, dalam hal ini adalah Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kabupaten Kendal kepada Pemkab Kendal,” terang Fran.

Dia pun mengatakan, dalam hal pemakaian, pihaknya sedang mengkomunikasikan lebih lanjut dengan pihak Kementerian PUPR.

”Tentang pemakaian pasar sedang kami komunikasikan dengan Kementerian PUPR. Jika nanti sudah mendapatkankan izin, maka kami akan segera mensosialisasikan, dan memindahkan pedagang kios dan los yang ada di tempat relokasi ke Pasar Pagi yang baru. Tentunya sesuai dengan zona yang sudah kita siapkan,” jelasnya.

Terkait dengan fasilitas pasar, Fran mengungkapkan, pasar ini dirancang dengan standar pasar modern. Karena dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Instalansi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan ketersediaan air bersih.

“Juga dilengkapi dengan genset, hidran, tempat sampah, MCK, mushala, taman, dan rencana ada ruang laktasi, serta taman bermain anak,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal tersebut juga berharap, pada akhir Desember pasar baru sudah bisa ditempati.

“Harapan kami akhir tahun 2020 ini sudah bisa ditempati, karena untuk pemeliharaannya selesai pada tanggal 18 Desember. Sehingga para pedagang bisa kembali berdagang ditempat yang lebih nyaman,” pungkas Fran.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.