in

Pekerjaan Dikebut, Jembatan Sungai Bulanan Weleri Ditarget Bisa Digunakan Desember 2022

Pengerjaan jembatan Kali Mati atau Sungai Bulanan Weleri yang terus dikebut.

HALO KENDAL – Progres pekerjaan pembangunan Jembatan Kali Mati atau Sungai Bulanan yang berada di Desa Weleri, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal yang dimulai sejak Agustus 2022 sudah mencapai 74 persen.

Hal tersebut disampaikan Erwin Dwi Prasanto, selaku penanggung-jawab pekerjaan jembatan Weleri – Sedayu, Selasa (11/10/2022).

“Kalau menurut rencana ya masih sekitar 42 persen. Tapi realisasinya sudah 74 persen. Jadi lebih cepat dari rencana. Bulan Desember nanti jembatan sudah bisa dilalui,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini pengerjaan jembatan sampai pada tahapan perakitan ereksen baja dan pengecoran abutment atau bagian konstruksi bawah jembatan pada sisi timur.

“Asumsinya ereksen atau perakitan ini memakan waktu kira-kira 30 hingga 40 hari. Sehingga memakan waktu cukup lama. Target selesai sampai bulan Desember 2022 sudah bisa dilewati oleh kendaraan umum,” terang Erwin.

Selain itu dirinya juga mengungkapkan, pengerjaan jembatan Sungai Bulanan ini sempat terkendala oleh lamanya pengiriman dan pembuatan besi.

“Alhamdulillah tidak ada kendala untuk minggu-minggu ini. Kalau masalah musim penghujan karena jembatan ini tidak ada tiang di air sehingga tidak menjadi kendala. Paling hanya pekerja yang kondisinya menurun hingga lima persen,” ungkap Erwin.

Dirinya juga menyebut, untuk pengerjaan jembatan sungai Bulanan ini, jumlah pekerja ada 27 orang. Terdiri dari 15 di bagian pekerja baja (ereksen) dan 12 pekerja di bagian abutmen (pengecoran).

Sebelumnya, Sekda Kendal Sugiono menjelaskan, jembatan Sungai Bulanan yang menjadi penghubung Kecamatan Weleri ke Gemuh, Pegandon dan Ringinarum tersebut dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan nominal sekitar Rp 8,8 miliar.

“Dengan panjang 50 meter dan lebar tujuh meter. Sementara akhir pelaksanaan yakni minggu pertama bulan Desember. Dan ditargetkan Desember sudah bisa dilalui,” ujarnya. (HS-06)

Ditlantas Polda Jateng Mulai Uji Coba Tilang Dari Pantauan Drone Sistem ETLE

DPRD Kota Semarang Sahkan APBD Tahun 2023 dan Perda Pengelolaan Keuangan Daerah