in

Peken Banyumasan, Kepala DPMPTSP : Setiap Sekolah Diharapkan Ada Ekstrakurikuler Kesenian Banyumas

Acara Peken Banyumas, di Kecamatan Banyumas, belum lama ini. (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Di setiap sekolah di Kabupaten Banyumas, diharapkan ada ekstrakurikuler kesenian khas Banyumas. Melalui ekstrakurikuler tersebut, diharapkan generasi muda di Banyumas, dapat mengenal, mencintai, dan melestarikan kebudayaan daerahnya tersebut.

Harapan itu disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banyumas, Amrin Ma’ruf saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara Peken Banyumas, di Kecamatan Banyumas, belum lama ini.

Peken Banyumas merupakan acara yang digelar DPMPTSP Kabupaten Banyumas, Kecamatan Banyumas dan bekerja sama dengan IT Telkom Purwokerto, untuk mengajak masyarakat melestarikan budaya daerahnya.

“Di setiap sekolah saya harap ada ekstrakurikuler calung dari teman-teman SD, karena rohnya Banyumas itu lenger, ebeg. Zaman semakin maju, tetapi kalau masih ada lengger, ebeg dan budaya lainnya Banyumas tidak hilang. Wujudkan Banyumas Kota Lama sebagai destinasi wisata,” kata Amrin Maruf, seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Dalam sambutan Camat Banyumas, Oka Yudhistira Pranayudha acara Peken Banyumasan akan diadakan setiap 2 minggu dengan pertunjukan yang berbeda – beda.

“Harapan kami nanti akan menjadi rutin dan nanti yang mengisi dengan sajian yang berbeda – beda setiap 2 minggu sekali itu, dan yang terakhir selamat berkumpul, selamat belanja dan selamat untuk mendengarkan dan menyaksikan sajian lengger. Nanti Pak Bupati juga ingin agar lengger ini menjadi ikon Banyumas Kota Lama,” kata Camat Banyumas.

Peken Banyumas juga tidak hanya menyajikan pertunjukan tetapi juga terdapat stand makanan, kerajinan tangan dan alat tradisional untuk mendukung UMKM di Kabupaten Banyumas.

Masyarakat Banyumas juga bisa mengunjungi Rumah Lengger, di mana terdapat lukisan karya Hadi Wijaya, kemudian ada lukisan sang maestro lengger legendaris di Banyumas, yaitu Mbah Dariah. (HS-08)

SDN 1 Rempoah dan Kutasari Juara Pesta Siaga Kwarran Baturraden Banyumas

Ikuti Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Kabupaten Batang, SMKN 1 Warungasem Borong Juara