Pegawai Positif Covid, Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan Ditutup Sementara

Foto ilustrasi.

 

HALO KENDAL – Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan (Kalsel), Kabupaten Kendal, ditutup sementara sejak Kamis (16/7/2020). Hal itu dilakukan, karena ada salah seorang pegawainya yang positif Covid-19.

Tak hanya ditutup, bahkan untuk mengetahui apakah ada yang terpapar virus korona maka puluhan pegawai kecamatan dan empat warga juga diwajibkan mengikuti rapid test.

Dari pantauan, rapid test kepada puluhan pegawai Kecamatan Kaliwungu Selatan itu dilakukan oleh petugas Puskesmas Kaliwungu Selatan di kantor kecamatan setempat.

Plt Camat Kaliwungu Selatan, Renggo Karjilah mengatakan, rapid test juga dilakukan kepada pegawai dinas dan empat warga pemilik warung yang berada di sekitar kecamatan.

“Mereka semua diambil sample darahnya. Tindakan itu dilakukan untuk mengetahui apakah ada yang terpapar virus korona setelah salah satu pegawai positif Covid-19,” ujarnya.

Menurut Renggo, demi menjaga agar tidak terjadi penularan yang lebih besar, untuk sementara kantor kecamatan tersebut ditutup selama tiga hari.

“Rapid test kepada pegawai dan warga sekitar karena dimungkinkan mereka pernah bersinggungan dengan seorang pegawai yang terpapar Covid-19,” katanya.

Renggo mengungkapkan, diketahuinya ada pegawai yang terpapar covid, setelah sebelumnya salah seorang pegawai kecamatan tersebut melakukan pemeriksaan di RS Soewondo Kendal karena sakit gejala sesak nafas.

Berdasarkan swab sebanyak dua kali yang dilakukan pihak rumah sakit, hasilnya positif Covid-19.

Dalam kepegawaianya di kecamatan menjabat sebagai staff pemerintahan.

“Pegawai ini juga sebagai satgas pencegahan dan penanganan Covid-19 di kecamatan. Yakni merupakan satgas yang aktif,” ungkapnya.

Staff Ahli Bupati Kendal Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Astuti Watiningrum mengatakan, aktivitas di Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan terpaksa ditutup tiga hari dan satgas pencegahan dan penanganan Covid-19 Kendal juga akan melakukan tracking.
“Pelayanan masyarakat sementara dihentikan dulu. Hasil tracking sementara ada 33 yang kontak erat,” terang Astuti.

Dirinya menambahkan, bahwa Tim Satgas Gugus Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Kendal akan melakukan rapid test dan isolasi terhadap keluarga pegawai kecamatan yang posisif corona.

Kemudian juga akan melakukan penyemprotan disinfektan selama tiga hari di Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan.

“Petugas juga akan melakukan tracking terhadap orang-orang yang pernah bersinggungan dengan yang bersangkutan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, hingga Kamis siang, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kendal terus mengalami peningkatan.

Jumlahnya kini sudah menembus angka 128 dan hampir setiap hari bertambah.

“Mereka yang positif Covid-19 dirawat di sejumlah rumah sakit, baik RSUD rumah sakit darurat dan rumah sakit swasta di kendal dan luar daerah,” kata Ferinando Rad Bonay.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.