in

Pegadaian Kanwil Semarang Buka Mudik Gratis, Ini Ketentuan dan Cara Daftarnya

Foto ilustrasi.

HALO BISNIS – PT Pegadaian Kanwil XI Semarang mulai membuka pendaftaran mudik gratis dalam program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Senin (18/3/2024). Pendaftaran mudik gratis dimulai 18-20 Maret 2024.

Dalam program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 ini, Pegadaian menyediakan kuota sebanyak 200 pemudik. Mudik gratis akan diberangkatkan pada 5 April 2024 dari halaman PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Jalan Ki Mangunsarkoro, Kota Semarang.

“PT Pegadaian Kanwil XI Semarang menggelar Mudik Asyik Bersama BUMN 2024. Tersedia 200 kuota, dan Mudik Asyik ini gratis alias tidak dipungut biaya,” kata Pemimpin PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Edy Purwanto, melalui Kepala Departemen Bisnis Support PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Kuntaji, Senin (18/3/2024).

Mudik gratis tersebut dibuka untuk nasabah Pegadaian maupun masyarakat umum lainnya. Bagi yang berminat, bisa langsung mendaftarkan diri melalui scan barcode atau link bit.ly/mudikgratispegadaian.

Untuk syarat dan ketentuan pendaftaran yaitu harus melampirkan nomor CIF atau nomor nasabah. Bagi pendaftar yang masyarakat umum yang belum terdaftar sebagai nasabah, maka diharuskan membuat akun terlebih dahulu.

“Peserta mudik yang belum menjadi nasabah Pegadaian, untuk dapat melakukan transaksi pembukaan tabungan emas untuk mendapatkan nomor CIF atau nomor nasabah,” jelasnya.

Ketentuan lainnya, yaitu peserta harus sehat jasmani dan rohani, sudah melakukan vaksin booster dan peserta terdaftar dalam satu kartu keluarga (KK). Jumlah peserta mudik maksimal 4 orang dalam satu KK. Untuk anak-anak di bawah 2 tahun tanpa tempat duduk, tidak perlu didaftarkan.

“Tiket mudik gratis ini dilarang diperjualbelikan. Tiket juga tidak dapat digantikan atau diwakilkan atas nama orang lain,” jelasnya.

Setiap peserta Mudik Asyik Bersama BUMN di Pegadaian Kanwil XI Semarang nantinya akan mendapatkan suvenir dalam bentuk kaus dan goodie bag. Serta, fasilitas perjalanan berupa snack dan makan malam secara gratis.

Terkait daerah tujuan mudik, dijelaskan, ada lima rute yang nantinya ditempuh. Yaitu rute Jawa Timur 1 yang meliputi Kudus, Pati, Rembang, Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya dan Madura.

Rute Jawa Timur 2 meliputi Sragen, Ngawi, Nganjuk, Mojokerto dan Malang. Kemudian rute Jawa Timur 3 meliputi Gunungkidul, Pacitan dan Tulungagung.

Selanjutnya rute Jawa Barat 1 meliputi Pemalang, Cirebon, Subang, dan Purwakarta. Rute terakhir Jawa Barat 2 yang meliputi Purwokerto, Cilacap dan Tasikmalaya.

“Tujuan kegiatan Mudik Asyik Bersama BUMN ini sebagai salah satu upaya mengurangi resiko kemacetan serta mengantisipasi kecelakaan lalu lintas saat bepergian jauh menggunakan motor,” paparnya.

Selain itu, Pegadaian juga ingin ikut berkontribusi dalam memberikan fasilitas kepada masyarakat dalam merayakan hari besar khususnya Idulfitri dengan keluarga di kampung halaman.

“Mudik gratis ini merupakan salah satu penerapan ESQ yang diharmonisasi dengan sustainable development goals (SDGs) nomor 8 pekerjaan layak dan pertumbuhan,” pungkasnya.(HS)

Atasi Persoalan Banjir di Kaligawe-Genuk, Kali Tenggang Akan Segera Dinormalisasi

Tinjau Banjir Jepara dan Demak, Pj Gubernur Jateng Minta Tanggul-Tanggul Sungai Dievaluasi