in

Peduli Pandemi Corona, GSUI Bagikan 500 Masker kepada Warga Kota Semarang

Pembagian masker di Kampung Jatiwayang, Kelurahan Ngemplak Simongan.

 

HALO SEMARANG – Sebanyak 500 masker dibagikan gratis bagi warga Kota Semarang oleh gerakan sipil masyarakat.

Adalah Kolektif Hysteria, Gerakan Solidaria dan jaringan kampung yang mendapat bantuan dari Gerakan Seribu untuk Indonesia (GSUI) yang melakukan kegiatan pembagian masker ini.

Setelah sebelumnya melakukan aksi bagi masker dan disinfektan di Jakarta dan sekitarnya, gerakan ini juga membagikannya bagi warga Kota Semarang.

“Ada sekitar 10 ribu masker yang kami bagikan di 10 kota zona merah Covid-19 di Indonesia,” ungkap Muhanto Hatta ketua GSUI, baru-baru ini.

Masker ini dibuat atas kerja sama dengan UMKM sebagai mitra dengan kualitas yang cukup bagus.

“Upaya ini tak akan terlaksana tanpa sokongan berbagai donatur misalnya Yusoff Family (Singapura), A-Z Solusindo, Rotary Club, Yayasan Cahaya Peduli, dan lain lain,” katanya.

Di Semarang sendiri, melalui jaringan kampung masyarakat Kemijen dan Jatiwayang, masker dibagi-bagikan kepada warga sekitar.

Para pedagang kecil dan warga kampung yang terbiasa beraktivitas di luar rumah, tak luput dari sasaran bantuan tersebut.

Sukatno salah satu kordinator di Kelurahan Kemijen, Semarang mengatakan, pembagian masker ini juga melibatkan pihak kelurahan.

“Kami cukup senang atas inisiatif seperti ini. Ternyata masih banyak pihak yang peduli, dan bisa menutup kekurangan bantuan dari pemerintah yang juga mengalami keterbatasan,” ujarnya di sela-sela pembagian masker di kelurahan belum lama ini.

Sementara itu pembagian di Kampung Jatiwayang, Kelurahan Ngemplak Simongan juga berlangsung tertib dengan tetap mematuhi jaga jarak antarwarga.

Waris Sutriono sebagai koordinator mengatakan, tak hanya membagikan masker, pihaknya juga mengingatkan warga untuk lebih disiplin dalam mematuhi anjuran pemerintah.

“Kami juga memantau warga yang kurang disiplin menjaga jarak dan mengenakan masker. Biasanya warga beralasan kehabisan masker, tapi dengan bantuan ini mereka tidak punya alasan lagi untuk mengelak,” katanya.

Waris berharap inisiasi seperti ini akan terus bermunculan sehingga dapat meringankan masyarakat.

Sebagai informasi, Gerakan 1.000 Untuk Indonesia masih terus membuka donasi melalui Bank BNI No. Rek 320.420.520.2 a/n Gerakan 1000 Untuk Indonesia untuk terus melanjutkan aksi kepeduliannya.(HS)

Share This

Tangani Covid-19 di Kota Semarang, Hendi Belajar Sejarah Wabah Kolera

Ini Tanggapan Ganjar Pranowo Soal Hasil Survei Elektabilitasnya