in

Pedagang Hewan Kurban: Idul Adha Tahun Ini Sepi Pembeli

Foto ilustrasi: Sapi Kurban.

 

HALO SEMARANG – Pedagang hewan di Kota Semarang banyak yang mengeluhkan sepinya transaksi jelang Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M. Mereka mengaku, penurunan transaksi penjualan hewan tahun ini, diperkirakan lebih parah dibanding tahun lalu.

“Tahun lalu dua pekan sebelum Idul Adha sudah mulai ada transaksi. Saat ini, meski sudah mendekati pelaksanaan kurban sama sekali belum ada transaksi,” kata Agus, penjual hewan kurban di wilayah Tembalang, Sabtu (10/7/2021).

Dia berharap transaksi mulai ada mendekati pelaksanaan kurban nanti. Karena diprediksi sepi, dirinya pun tak menyiapkan banyak stok hewan kurban yang dijual.

“Untuk menghindari rugi. Hanya menyediakan beberapa kambing. Harganya pun tak bisa tinggi, kami sediakan mulai harga Rp 2 jutaan,” kata pria yang menyewa lahan di pinggir jalan untuk penjualan kambing ini.

Hal serupa juga dirasakan Ahmadi, penjual hewan kurban di Pedurungan. Dia mengeluhkan turunnya jumlah pembeli hewan kurban menjelang Idul Adha tahun ini, karena pandemi Covid-19 belum berlalu. Menurut dia, turunnya jumlah pembeli juga imbas penerapan kebijakan PPKM darurat.

“Yang beli hewan kurban sekarang turun drastis. Terhalang PPKM darurat,” ujarnya.

Ahmadi memprediksi, penurunan nantinya berkisar 70-80 persen, meski dia tak menyebutkan secara rinci angka penjualannya pada tahun lalu dan tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19 melanda. Menurut Ahmadi, penjualan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini lebih berat dari tahun sebelumnya.

“Tahun kemarin masih mending, kan cuma Idul Fitri saja yang ada pembatasan. Idul Adha masih bisa digelar, makanya ada kurban,” jelas dia.

Ahmadi berharap masyarakat mau melakukan kurban meski salat Idul Adha di masjid ditiadakan.

“Harapannya semoga tidak ada lagi larangan-larangan biar pedagang kambing bebas berdagang,” ungkap dia.(HS)

Share This

Masuk Jateng, Kesehatan Hewan Kurban Dijamin Aman

Italia Unggul Statistik, Inggris Diuntungkan Karena Main Di Kandang