in

PDM Batang Bagikan 170 Sembako Gratis pada Pasar Subuh

Bupati Batang, Wihaji meninjau Pasar Subuh Sembako Gratis, di di Masjid Al-Furqon Karangasem Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Batang, menggelar Pasar Subuh Sembako Gratis, di Masjid Al-Furqon Karangasem Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Kamis (28/4/2022). Kegiatan ini digelar, agar lebih banyak jemaah yang datang untuk Salat Subuh.

Ketua PDM Kabupaten Batang Ali Trigiatno mengatakan, pada Ramadan tahun ini pihaknya menggelar beragam kegiatan, termasuk pengajian menjelang buka puasa dan pemberian bingkisan kado Lebaran untuk guru TPQ dan marbot masjid.

“Kegiatan dilanjutkan itikaf semalam suntuk. dimulai dari jam 9 malam hingga sahur, bersama dengan menu khas rawon. Pada Subuh, ada yang unik berbeda dari yang lain yaitu Pasar Subuh Sembako Gratis,” kata dia, seperti dirilis Batangkab.go.id.

Pasar Subuh Sembako Gratis, digelar untuk meramaikan masjid pada waktu subuh. Karena melihat kebiasaan masyarakat kita, pada waktu subuh jamaahnya pasti hanya satu baris saja.

“Semangat inilah yang membuat PDM Kabupaten Batang mempunyai inovasi yang berbeda dari daerah lainnya, yaitu masyarakat bisa memilih sendiri kebutuhan apa yang diperlukan dengan maksimal mengambil enam jenis sembako,” terangnya.

Jadi kita tidak menyiapkan dalam bentuk paketan sembako yang sudah dibungkus tetapi seperti di minimarket keperluan apa yang dibutuhkan diambil.

“PDM Kabupaten Batang menyediakan 170 total sembako dari 11 jenis sembako seperti beras, minyak goreng, gula dan lain-lain,” ungkapnya.

Dia mengatakan berusaha menggelar kegiatan seperti ini, sekali dalam sebulan. Ke depan, barang yang disediakan tak hanya sembako, tetapi juga aneka sayuran.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji yang hadir bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batang Nur Untung Slamet, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Pasar Subuh Sembako Gratis yang digelar PDM Kabupaten Batang.

“Maka, tadi setelah diberikan kabar ada acara ini, saya langsung datang ke sana karena kegiatan ini baru pertama kali ada di Kabupaten Batang,” tuturnya.

Apalagi kegiatan ini mempunyai manfaat mendorong masyarakat datang ke masjid untuk Salat Subuh. Ia berharap, kegiatan Pasar Subuh Sembako Gratis, dapat menginspirasi masjid-masjid lain untuk melakukan kegiatan serupa secara rutin, minimal sebulan sekali. (HS-08)

BPBD Kabupaten Semarang Siagakan Tim Reaksi Cepat

Bupati Batang, Berangkatkan Pemudik Gratis dari Jakarta