Patuhi Instruksi Gubernur, Festival Kota Lama Dikemas Virtual

Konferensi pers Festival Kota Lama (FKL) tahun 2020 di Toko Oen, Kamis (17/9/2020).

 

HALO SEMARANG – Festival Kota Lama (FKL) tahun 2020 dibikin dengan kemasan virtual. Hal ini sesuai dengan imbauan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, agar kegiatan yang melibatkan banyak orang digelar secara virtual, untuk menghindari penularan Covid-19.

Semula, kegiatan ini akan dihelat secara offline selama 11 hari dari tanggal 17-27 September 2020.

- Advertisement -

Dengan konsep yang dibikin secara virtual, maka gelaran FKL 2020 bertema “Kuna, Kini, Nanti” akan dimulai pada Jumat 18 September 2020, mulai pukul 19.00, dengan acara utama konser yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Mahkota Enterprise.

Ketua Panitia FKL 2020, Yeru Salimianto mengatakan, acara ini tetap berlangsung hanya saja dalam kemasan virtual. Dia menyebut, acara ini berfokus pada live streaming concert, yang akan digelar di area Parkir New PRPP Semarang.

“Kami memahami imbauan Gubernur dan mendukung upaya pencegahan penyebaran virus corona. Penyelenggaraan secara virtual dan fokus pada Live streaming concert merupakan solusi terbaik. FKL 2020 tetap berlangsung, tapi upaya pencegahan virus juga tetap dijalankan,” ucapnya, melalui press rilis di Toko Oen, Kamis (17/9/2020).

Dia menjelaskan, untuk rangkaian kegiatan FKL 2020 seperti Pasar Sentiling atau Walking Tour Kota Lama, akan digelar setelah kondisi kondusif.

Dia menjelaskan, putusan menggelar FKL secara virtual telah dikonsultasikan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya, Ganjar Pranowo menyoroti penyelenggaraan FKL 2020.

Dia menginstruksikan, agar kegiatan ini lebih dialihkan konsepnya menjadi virtual.

“Sampai pagi ini saya masih dimintai masukan terhadap beberapa event. Salah satunya Festival Kota Lama. Jika kalian bisa virtual, go. Tapi kalau masih ada pengumpulan massa, no,” ujar Ganjar saat menjadi inspektur upacara pada Gelar Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan di Balai Kota Semarang, Rabu (16/9/2020).

Hal itu dibenarkan oleh Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Kepemudaan, Keolahragaan dan Pariwisata Jateng, Setyo Irawan. Dia menyebut, pembahasan menyepakati kegiatan konser tetap berlangsung, dengan konsep daring.

“Sesuai arahan Pak Gubernur dan Kepala Dinas, disepakati bersama untuk drive in concert (live streaming) bisa dilaksanakan di PRPP. Sementara itu kegiatan kuliner, webinar, ditunda sesuai dengan perkembangan Covid-19,” ungkapnya.

Penanggung jawab Live in Concert FKL 2020, Indra Suryajaya mengatakan, event konser tersebut akan menampilkan Trie Utami yang berkolaborasi dengan Artsen Quatro, Marcel Yudaperwira, Tirang Community dance, Surya Orchestea, dan masih banyak lagi.

“Nantinya konser tersebut akan disiarkan langsung melalui akun Youtube Mahkota Enterprise. Kami juga akan didukung dengan siaran langsung dari akun Youtube milik Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang,” jelasnya.

Ajang FKL sendiri sudah masuk dalam TOP 100 National Calendar of Event 2020. Kegiatan ini didukung oleh Kemenparekraf, KBRI Den Haag, Pemprov Jateng, Pemkot Semarang dan Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.