in

Patroli di Objek Wisata Pulau Cemara, Polisi Peragakan Pemakaian Life Jacket

Anggota Polres Brebes Brigadir Ali Imron, memperagakan pemakaian life jacket di dermaga Pulau Cemara. (Foto : Tribratanews.jateng.polri.go.id)

 

HALO BREBES –  Sejumlah personel Polres Brebes berpatroli di sejumlah tempat wisata di Kabupaten Brebes, seperti di Pantai Randusanga Indah, Pulau Cemara Kecamatan Wanasari, dan Hutan Mangrove Pandansari, Rabu (26/05).

Kasubbag Humas Polres Brebes AKP Harti, ketika memimpin patroli tersebut, mengatakan kegiatan tersebut untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat saat berlibur. Petugas juga memanfaatkan kegiatan tersebut untuk memberikan edukasi tentang penerapan protokol kesehatan mencegah Covid-19.

“Polres Brebes melakukan patroli di sejumlah tempat wisata. Hal tersebut untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan juga mengingatkan untuk penerapan protokol kesehatan,” kata Harti, seperti dirilis Tribratanews.jateng.polri.go.id.

Petugas juga memantau pelaksanaan protokol kesehatan oleh pengelola. Di setiap tempat wisata, petugas mengecek fasilitas alat cici tangan, thermo gun, jarak antrean di tempat penjualan tiket, serta pembatasan jumlah pengunjung, maksimal 50 persen dari kapasitas.

Petugas juga meminta para pengelola tempat wisata air, untuk menyediakan life jacket. Dalam kesempatan itu, Brigadir Ali Imron juga memperagakan cara menggunakan life jacket secara benar, di dermaga Pulau Cemara.

Life jacket yang diberikan pada pengunjung wisata ini, berbentuk rompi berbahan anti air. Bagian dalam rompi, terdapat pelampung dari plastik atau karet, dan ketika digunakan harus diikatkan pada tubuh.

“Cara mengenakannya praktis, seperti mengenakan pakaian. Life jacket ini adalah perangkat penyelamat paling vital saat terjadi kecelakaan di laut, terutama pada kapal tenggelam. Jadi tujuan pemberian life jacket ini, agar keselamatan pengunjung terjamin,” jelas  Harti.

Lanjut, harti juga menjelaskan dengan menggunakan life jacket sesuai Standard Operasional Procedure (SOP), akan lebih memberikan kepastian keselamatan bagi para pengunjung.

“Pengelola tentunya wajib menyediakan life jacket sebagai alat bantu keselamatan untuk pengunjung,” terang Harti.(HS-08)

Share This

Ada Warga Masih Abai Protokol Kesehatan, Polres Grobogan Bagi Masker dan Beri Edukasi

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Kamis (27/5/2021)