in

Pati Membaik Jadi Zona Orange, Bupati Minta Tak Lengah

Bupati Pati Haryanto dalam Pidato Rapat Paripurna HUT Ke-698 Kabupaten Pati di Gedung DPRD Kabupaten Pati. (Foto : Patikab.go.id)

 

HALO PATI – Bupati Pati Haryanto meminta semua pihak untuk tidak lengah, walaupun Kabupaten Pati saat ini sudah keluar dari zona merah dan masuk zona oranye.

Dia meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, agar jumlah kasus Covid-19 tak kembali melonjak.

“Dengan kondisi yang semakin membaik ini saya berharap tidak membuat kita berpuas diri, terlena dan lengah karena ancaman Covid-19 masih ada. Di mana virus itu terus bermutasi dan semakin mudah menular,” kata Bupati, dalam Pidato Rapat Paripurna Hari Jadi Kabupaten Pati Ke-698, di Gedung DPRD Kabupaten Pati, beberapa waktu lalu, seperti dirilis Patikab.go.id.

Belajar dari dua gelombang kenaikan kasus penyebaran Covid-19 yang semakin cepat dan signifikan, Haryanto berharap semua pihak dapat terus meningkatkan kewaspadaan, dengan terus menerapkan Protokol kesehatan 6 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

“Dengan dilandasi komitmen dan ikhtiar yang kuat, semangat untuk bangkit bersama serta kesungguhan dalam bermunajat, saya yakin kita dapat bangkit setahap demi setahap dalam melewati ujian dari pandemi ini”, tuturnya di acara yang juga dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Saiful Arifin (Safin), Sekretaris Daerah (Sekda) Suharyono, dan para Kepala OPD tersebut.

Bupati juga mengajak seluruh  jajaran pemerintah Kabupaten Pati, instansi vertikal, TNI dan Polri, serta swasta untuk terus meningkatkan kinerja dan pengabdian demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Bupati juara mendorong semua pihak, agar turut mendoakan para petugas yang sedang berjuang di garda terdepan penanganan pandemi, baik para petugas kesehatan ataupun relawan Covid-19.

“Semoga senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan dan perlindungan oleh Allah SWT. Serta semua warga Kabupaten Pati yang meninggal akibat wabah Covid-19, semoga diterima semua amal ibadahnya, diampuni segala dosa kesalahannya serta mendapat tempat terbaik di sisi Allah Swt,” imbuhnya

Membaiknya data sebaran Covid-19 di Kabupaten Pati hingga menjadi zona orange, diakui Bupati, bukanlah hasil kerja Pemkab semata.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi terbaik dalam penanganan pandemi. Pemerintah tidak akan pernah mampu bekerja sendiri. Pencapaian ini merupakan hasil kerja bersama seluruh komponen masyarakat”, tutur Bupati Pati Haryanto

Menurutnya, berbagai upaya mitigasi telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pati bersama TNI, Polri, seluruh instansi vertikal, pihak swasta serta masyarakat dalam menghambat laju kenaikan kasus gelombang kedua.

“Di antaranya melalui penetapan berbagai regulasi sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan selama pandemi serta menggelar secara intensif operasi yustisi secara tegas namun humanis dalam rangka penegakan protokol kesehatan bersama unsur TNI/ Polri/Satpol PP dan OPD terkait”, jelasnya.

Begitu juga percepatan vaksinasi massal, pihaknya telah menggandeng berbagai pihak dalam rangka mewujudkan kekebalan komunitas terhadap virus. “Di samping itu kami juga terus menggalakkan 3T yakni Tracking, Tracing dan Treathment”, ujarnya.

Penguatan isolasi mandiri baik secara terpusat maupun mandiri di desa-desa, RT, RW, menurut Haryanto, juga terus diupayakan dengan diimbangi peningkatan kapasitas bed ICU maupun isolasi di seluruh rumah sakit. “Tujuannya agar penanganan pasien Covid-19 sesuai Protap yang ditentukan”, imbuhnya.

Kebijakan PPKM yang selama ini diterapkan di Kabupaten Pati, lanjut Bupati, juga telah memberikan sumbangsih yang cukup besar dalam penurunan tren konfirmasi kasus.

“Pembatasan pelaksanaan kegiatan dan aktivitas yang dilaksanakan secara simultan hingga tingkat desa dapat mengurangi tingginya interaksi masyarakat yang kerap kali menjadi pemicu naiknya  kasus Covid-19”, jelasnya.

Percepatan penyaluran bantuan sosial, realisasi anggaran penanganan Covid-19 hingga insentif tenaga kesehatan dan relawan pemulasaran jenazah juga terus pihaknya optimalkan melalui realokasi dan peningkatan dana Belanja Tak Terduga (BTT).

Apresiasi juga disampaikan Bupati kepada para petugas kesehatan, relawan, serta TNI/Polri yang telah mencurahkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk berjuang di masa pandemi.  “Mereka semua merupakan pahlawan masa kini yang menginspirasi agar kita mampu bangkit dan bertahan selama pandemi”, tegasnya.

Selanjutnya, ia pun menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pimpinan dan segenap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pati atas terwujudnya kerjasama yang baik antara jajaran legislatif dan eksekutif.

“Sehingga berbagai tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di Kabupaten Pati dapat berjalan secara optimal sekalipun tugas-tugas kita terbentur pandemi. Semoga kerjasama yang baik ini, dapat terus berlangsung dan ditingkatkan di masa-masa yang akan datang”, tambahnya.  (HS-08)

Share This

Untuk Akses Internet, Indonesia akan Luncurkan Satelit SATRIA-1

Mahasiswa Universitas Terbuka UPBJJ Purwokerto Gelar Workshop Jurnalistik