in

Pasutri Anggota Oknum Polres Blora Diduga Selewengkan Dana PNPB Hingga Miliaran Rupiah, Polda Jateng: Akan Ditindak Tegas 

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy. 

HALO SEMARANG – Pasangan suami istri (Pasutri) yang berdinas di Polres Blora diduga menyelewengkan dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 3 miliar di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Blora.

Pasangan suami istri itu adalah Bripka Etana Fany Jatnika dan Briptu Eka Mariyani, warga Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kedua oknum polisi itu tergiur investasi online Paypal.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, sesuai instruksi dari Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi bahwa jika kedua anggota yang saat ini sudah diamankan tersebut terbukti bersalah, maka Polda Jateng akan menindak tegas karena telah merugikan instansi dan masyarakat.

“Akan ditindak tegas. Kapolda Jateng selalu berkomitmen untuk tidak menutup-nutupi anggota yang melakukan pelanggaran,” ujar Kombes Iqbal seperti pesan yang diterima, Jumat (13/5/2022).

Iqbal menyatakan, kasus ini telah dibuktikan dengan penyidikan perkara dugaan korupsi tersebut oleh polres Blora hingga selesai penyerahan berkas. Saat ini perkara tersebut sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri setempat.

“Selanjutnya Polda Jateng menghormati proses hukum yang berlaku terhadap kedua tersangka pelaku tindak pidana korupsi tersebut,” paparnya.

Terkait proses pemeriksaan pelanggaran disiplin maupun kode etik, lanjut Iqbal, Bidpropam Polda Jateng menunggu keputusan inkrah dari pengadilan. Dengan dasar putusan inkrah dari pengadilan tersebut, maka proses pemeriksaan internal oleh propam polri akan dilaksanakan.

“Apabila terbukti bersalah, keduanya (EFJ dan EM) dapat dijerat dengan pasal pelanggaran disiplin dan kode etik sehingga bisa disidangkan melalui proses sidang kode etik maupun sidang disiplin,” jelasnya.

Di sisi lain, Polda Jateng menghimbau kepada masyarakat apabila menemukan dugaan pelanggaran oleh anggota Polri, dimohon untuk segera melaporkan ke Propam Polres terdekat atau langsung ke Bidpropam Polda Jateng baik melalui aplikasi, WhatsApp, laporan tertulis maupun hadir secara  langsung.

“Tentunya dengan dilengkapi data dukung yang lengkap. Polda Jateng berkomitmen untuk terus membentuk postur anggota Polri yang baik sehingga mampu menjadi pelindung dan pengayom masyarakat yang baik sesuai tuntunan undang-undang dan harapan masyarakat,” imbuhnya. (HS-06)

Ada Rindu Dan Kenangan, Band Legendaris Power Slaves Rilis Lagu “Semarang (Remastered)”

Bupati Resmikan Auditorium RSI Muhammadiyah Kendal