in

Pastikan Varian Virus Corona, Dinkes Semarang Kirim Sample Untuk Diteliti ke UGM

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang, Moh Abdul Hakam.

 

HALO SEMARANG – Tingginya angka kasus aktif Covid-19 di Kota Semarang membuat tempat karantina memiliki okupansi tinggi. Begitu juga dengan kecepatan laju penularan virus Covid-19, sehingga membuat seseorang merasakan gejala lebih cepat dari sebelumnya.

Hal ini membuat Dinas Kesehatan Kota Semarang mengirimkan beberapa sampel dari para penderita positif Covid-19 yang ada di Kota Semarang, untuk diteliti lebih lanjut jenis atau varian virus ke Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam menyebut, ada sekitar 10 hingga 20 sampel yang dikirim ke laboratorium di UGM Yogyakarta, untuk dilakukan penelitian guna mengetahui varian virus apa yang saat ini melanda Semarang.

“Kita sudah kirimkan sample penderita Covid ke UGM, dan semoga bisa cepat ketahuan varian apa,” ujar Hakam, Selasa (22/6/2021).

Hakam menjelaskan, sampel yang dikirim ke UGM adalah pasien dengan CT rendah, pasien yang memiliki komorbid dan pasien yang sudah divaksin namun masih terpapar Covid-19.

“Perkembangan virusnya setiap hari sangat cepat sekali, ini juga yang membuat kondisi pasien Covid-19 yang datang ke Rumah Dinas dalam dua pekan terakhir sudah memiliki gejala meski ringan, karena biasanya yang datang itu OTG,” paparnya.

Hakam mengatakan, okupansi tempat isolasi terpusat saat ini rata-rata penuh. Bahkan, di rumah sakit pun juga demikian. Karena tidak hanya pasien positif Covid-19 saja yang masuk ke ruang isolasi, namun juga pasien suspect dirawat di ruang isolasi.

Dirinya juga menyadari tingginya kasus saat ini membuat para tenaga kesehatan (nakes) ikut terpapar.

“Kalau kasus banyak pasti para nakes juga banyak yang terpapar akibat kelelahan, meski sudah dilakukan vaksinasi tapi kalau kecapekan dan terlalu diforsir pasti akan terpapar juga,” pungkasnya.(HS)

Share This

Pemkab Kendal Dorong Pelaku UMKM Untuk Berorientasi Ekspor

Coba Kekuatan Persekat, PSIS Hanya Mampu Unggul 1-0