in

Pastikan PTM Aman, Satgas Covid-19 Cepu Blora Swab Test Antigen Siswa

Polsek Cepu, Blora bersama Satgas Covid-19 melakukan tes swab antigen secara acak, kepada siswa SMP di kecamatan Cepu, Jumat, (24/09). (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO BLORA – Polsek Cepu, Blora bersama Satgas Covid-19 melakukan tes swab antigen secara acak, kepada siswa SMP di kecamatan Cepu, Jumat, (24/09). Upaya ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di wilayah itu berjalan lancar dan aman dari penyebaran Covid-19.

Tes antigen secara acak, dilakukan di dua sekolah, yaitu SMP 2 Cepu dan SMP 5 Cepu. Adapun teknis pelaksanaan, Satgas Covid-19 mendatangi sekolah yang akan dilakukan swab test antigen. Petugas kemudian melakukan tes secara acak, pada perwakilan siswa dari masing-masing kelas.

Dalam kegiatan di dua sekolah tersebut, sebanyak 60 siswa dites antigen, masing-masing 30 siswa dari SMP N 2 dan 30 siswa lainnya dari SMP N 5 Cepu. Dari hasil tes tersebut, semua dinyatakan negatif.

Kapolsek Cepu AKP Agus Budiana SH, menyampaikan bahwa untuk mendukung kesuksesan PTM di Blora, Polres Blora beserta jajaran akan ikut aktif membantu Satgas Covid-19.

Salah satunya adalah penyelenggaraan Swab Test Antigen yang dilakukan dilingkungan sekolah. “Kami akan terus bersinergi dengan Koramil, serta tentunya Satgas Covid-19. Harapannya PTM di Blora, khususnya di kecamatan Cepu lancar dan sehat bebas dari Covid-19,” kata Kapolsek Cepu, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Lebih lanjut dia meminta masyarakat, agar terus menerapkan disiplin protokol kesehatan, meskipun saat ini di wilayah tersebut sudah ada sejumlah kelonggaran kegiatan.

“Tak bosan kami ingatkan, agar masyarakat selalu membiasakan disiplin protokol kesehatan. Karena pandemi Covid-19 ini masih ada,” tandas AKP Agus Budiana.

Sementara itu menurut data yang disampaikan laman corona.blorakab.go.id, hingga pukul 12:09:34, Jumat (24/9) untuk wilayah Cepu sudah tak ada lagi kasus Covid-19.

Adapun untuk seluruh Blora, hanya ada tambahan delapan kasus baru. Adapun yang sembuh, bertambah 3 orang dan meninggal bertambah 1 orang.

Sebelumnya, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati ST MM mengatakan sebelum dilangsungkan PTM, Pemkab Blora bersama jajaran TNI dan Polri telah melakukan swab antigen secara masif, pada para tenaga pengajar di sekolah-sekolah.

Upaya itu dilakukan untuk memastikan pelaksanaan PTM di wilayah itu berlangsung aman dan lancar. Hasil dari screening sebelum PTM tersebut, diketahui sebanyak 44 guru di wilayah itu terpapar Covid-19.

Para guru yang positif korona tersebut, kemudian diperintahkan untuk melakukan isolasi mandiri.

Penjelasan senada disampaikan Kapolres AKBP Wiraga Dimas Tama SIK. Setelah adanya temuan 44 guru yang positif tersebut, Pemkab kemudian menutup delapan sekolah dan menunda PTM.

Selain meminta para guru yang positif korona untuk isolasi mandiri, Satgas Covid-19 juga melakukan pelacakan kontak erat. Hasilnya, beberapa warga memang tertular.

Namun demikian dengan perawatan isolasi mandiri, mereka sudah berangsur-angsur sembuh.(HS-08)

Share This

Bagikan Paket Sembako, Polres Blora Edukasi Prokes Dan Tertib Lalu Lintas Kepada Warga

Ganjar dan Airlangga Pimpin Tradisi Grebeg Apem Yaqowiyyu Kiai Ageng Gribig