in

Pasien Dengan Kategori Berat Pun Akhirnya Harus Ditampung Di Rumah Sakit Darurat

Direktur Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Kedungmundu, dr Aditya Nugraha M Biomed.

 

HALO SEMARANG – Sejak kondisi rumah sakit di Kota Semarang terus mendapat penambahan perawatan pasien Covid-19. Berimbas pada tingkat ketersediaan tempat tidur pasien atau bed occupancy rate (BOR) pasien Covid-19 hampir penuh.

Pemerintah Kota Semarang melakukan sebuah upaya dengan mendirikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) di Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang.

Jumlah pasien rawat inap di RSDC Kota Semarang saat ini semakin meningkat. Sejak diresmikannya pada Senin (21/6/2021) lalu terdapat puluhan pasien Covid-19 telah menjalani perawatan.

Direktur RSDC Kedungmundu, dr Aditya Nugraha M Biomed mengatakan, jumlah pasien Covid-19 saat ini yaitu sekitar 30 pasien. Ia tidak menampik kemungkinan pasien akan terus bertambah lagi.

“Pasien Covid-19 di rumah sakit kami sekarang sudah banyak. Kurang lebih 30 pasiennya. Sekarang ini masih ada yang di UGD. Jumlahnya masih akan bertambah terus,” kata Adit saat dikonfirmasi halossmarang.id, Kamis (24/6/2021).

Aditya menambahkan, mayoritas puluhan pasien Covid-19 yang menjalani perawatan inap di RSDC Kedungmundu berasal dari dalam Kota Semarang.

“Sejauh ini masih dari Kota Semarang sendiri, luar kota belum ada,” imbuhnya.

Ia menyatakan, sejak diresmikan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, rumah sakit darurat tersebut seharusnya difungsikan untuk menerima dan merawat pasien kondisi sedang. Akan tetapi tambahan pasien Covid-19 yang datang untuk ditangani dengan keadaan sedang hingga berat.

“Kondisi pasien di RSDC sedang menuju berat,” katanya.

Dijelaskan Aditya, pasien dalam keadaan berat yang sedang dirawat memiliki gejala sesak napas. Sementara itu, juga terdapat sejumlah pasien rujukan dari RSUD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang dan Rumah Dinas Wali Kota Semarang.

“Pasien yang datang kenyataannya kategori berat. Semuanya pada butuh tabung oksigen,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh halosemarang.id, RSDC Kedungmundu dapat membantu pasien Covid-19 untuk mendapatkan perawatan. Dengan kapasitas kamar rawat karantina sebanyak 106 kamar, ruang ICU atau Intensive Care Unit terdapat 12 kamar.(HS)

Share This

Baru Diresmikan, RSDC Kedungmundu Sudah Tampung 30-an Pasien Corona

Ganjar Puji Inisiatif Bupati Blora Soal Pasokan Oksigen