Pasca Banjir Warga Dawungsari Bersihkan Sampah Di Aliran Sungai

Warga Dukuh Jonggolan bahu membahu membersihkan sampah yang menyumbat gorong-gorong maupun aliran sungai di kampungnya, Selasa (3/11/ 2020).

 

HALO KENDAL – Pasca-banjir di wilayahnya, warga Desa Dawungsari, Kecamatan Pegandon, bergotong royong membersihkan sampah di aliran sungai, Selasa (3/11/2020).

Mereka bahu membahu membersihkan sampah yang menyumbat aliran sungai Kancar di desa tersebut, setelah kejadian banjir Senin (2/11/2020).

Salah satu warga, Burham Hariyanto (55) mengaku, warga serempak ikut membersihkan ranting dan sampah yang menyumbat aliran sungai di bawah jembatan.

Hal itu untuk mencegah banjir susulan jika ada hujan deras.

“Kami melihat tumpukan sampah pasca-banjir kemarin, yang menyumbat sejumlah gorong-gorong maupun aliran sungai. Kalau tidak dibersihkan, dikhawatirkan dapat memicu terjadinya banjir,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Dawungsari, Ahmad Asrofi mengimbau warga yang berada di sekitar aliran sungai agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami mohon masyarakat memikirkan dampak membuang sampah sembarangan di sungai, ini bisa menghambat aliran sungai yang menyebabkan banjir,” ungkap Asrofi, Rabu (4/11/2020).

Dia menambahkan, hujan deras yang terjadi telah menghanyutkan berbagai macam sampah.

“Maka sampah-sampah itu kami bersihkan agar tidak menyebabkan banjir,” pungkas Asrofi.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.