Pasca-Banjir Semarang, Warga Keluhkan Masalah Kesehatan

Pelayanan kesehatan MRI-ACT Jawa Tengah kepada warga Kelurahan Sawah Besar Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jumat (5/3/2021). (Dok/Humas MRI-ACT Jawa Tengah).

 

HALO SEMARANG – Sebagian masyarakat Kota Semarang yang daerahnya sempat terendam banjir, mengeluhkan tentang masalah kesehatan seperti gatal-gatal, diare, kepala pusing, dan mual-mual.

Melihat kondisi seperti itu, tim gabungan Masyarakat Relawan Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (MRI-ACT) Jawa Tengah mendirikan posko pelayanan kesehatan di Dusun Pandansari Permai, Kelurahan Sawah Besar, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Sekitar 100 warga berdatangan memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis ini untuk memeriksakan masalah kesehatan yang mereka alami, Jumat (5/3/2021).

Koordinator Relawan MRI-ACT Jawa Tengah, Hamas Rausyanfikr mengatakan, aksi kemanusiaan ini merupakan program lanjutan penanganan bencana banjir di Kota Semarang.

“Sejak awal terjadi banjir tim ACT menerjunkan relawan dengan spesialisasi rescue untuk evakuasi, kemudian setelah aksi penyelamatan kita terjunkan tim relawan di bidang manajemen posko dan logistik kaitannya dengan bantuan pangan,” ujarnya.

Ditambahkan, setelah banjir yang menggenang permukiman mulai surut dan warga kembali beraktivitas normal, maka program bantuan selanjutnya adalah pemulihan kondisi paskabencana.

“Termasuk di dalamnya adalah pelayanan kesehatan baik fisik maupun mental, karena pada kasus tertentu ada warga yang membutuhkan konsultasi berupa trauma healing,” imbuh Hamas.

Pada kesempatan pelayanan kesehatan ini, tim MRI-ACT Jawa Tengah menerjunkan sebanyak 13 orang tenaga medis mulai dari perawat, ahli gizi, hingga dokter.

Salah satu warga, Mbah Wiji, yang menerima manfaat pelayanan kesehatan MRI-ACT Jawa Tengah mengatakan, setelah banjir warga memang banyak yang terserang penyakit, khususnya penyakit kulit.

“Saya cek tensi kemudian menanyakan keluhan pada kaki saya yang gatal-gatal. Ya pelayanan dari relawan medis ramah-ramah, saya ucapkan terima kasih untuk ACT dan donatur yang terlibat semoga berkah,” pungkas Mbah Wiji.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.