in

Pasar Bintoro Ditutup, Aktifitas Jual-Beli Berhenti Satu Hari

Pintu pagar Pasar Bintoro Kebupaten Demak ditutup, Minggu (20/6). Pasar tersebut disemprot disinfektan, untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Foto : Demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK – Tak seperti biasanya, Pasar Bintoro di pusat kota Demak tampak sepi. Seluruh kios dan los pasar, menutup pintu dan tidak ada kegiatan jual beli, Minggu (20/6).

Bahkan pintu utama pasar yang setiap hari untuk keluar masuk pedagang dan pembeli, terlihat tertutup rapat. Beberapa orang terutama para ibu, tampak bingung melihat pemandangan yang berbeda pada setiap harinya.

Namun setelah bertanya dan dijelaskan oleh petugas pasar yang piket bahwa pasar ditutup untuk disterilkan, mereka pun memakluminya.

“Saya agak bingung, karena biasanya saya ke pasar untuk kulakan buat jualan di rumah. Tetapi ternyata pintu pasar tutup dan tidak ada yang jualan. Karena pasar akan disemprot disenfiktan oleh petugas,” kata warga bernama Rahayu, seperti dirilis Demakkab.go.id.

Rahayu dan beberapa orang yang hendak berbelanja, mengaku bisa memaklumi upaya Pemkab Demak, untuk melakukan sterilisasi dan mencegah penyebaran Covid-19. Hal itu demi kebaikan bersama dan kesehatan warga.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Dan UKM, Iskandar Zulkarnaen, menjelaskan bahwa seluruh pasar di Kabupaten Demak, tutup setiap hari minggu karena petugas akan mensterilkan pasar dengan menyemprotkan disenfiktan.

“Ya benar dalam seminggu seluruh pasar ditutup satu hari, dan akan dilakukan penyemprotan untuk mensterilkan pasar. Dan sudah kita sosialisasikan kepada publik dan komunitas pasar, adapun pemberlakuan kebijakan ini berlangsung hingga akhir Juni nanti sambil melihat perkembangan selanjutnya,” kata Iskandar.

Iskandar juga menyampaikan kebijajan tersebut merupakan implementasi dari Surat Edaran Bupati Demak  nomor 440.1/23 tahun 2021 tanggal 15 Juni 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro dan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Demak. (HS-08)

Share This

Menaker Pastikan Pembuatan Kartu Kuning Gratis

Tips Menghadiri Undangan Pernikahan saat Pandemi Covid-19, Protokol Kesehatan hingga Namaste