in

Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024 Capai 82,5 Persen, Wakil Ketua DPRD Jateng Berterima Kasih Kepada Masyarakat

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko.

HALO SEMARANG – Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko berterima kasih kepada masyarakat, penyelenggara Pemilu, pengawas, saksi, TNI-Polri, dan pemerintah daerah yang ikut berpartisipasi dalam suksesnya Pemilu 2024. Sebagaimana diketahui, Pemilu yang dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024 berlangsung lancar, dengan minim gangguan keamanan.

Apalagi di Jawa Tengah partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suaranya cukup tinggi, mencapai 82,5 persen. “Kami mewakili jajaran DPRD Jateng berterima kasih karena partisipasi masyarakat tinggi, dan Pemilu di Jateng berlangsung aman, lancar, dan bisa dikatakan sukses. Meski ada beberapa wilayah yang ditunda proses pemungutan suara akibat bencana alam, tapi secara keseluruhan sukses,” kata politisi Partai Gerindra tersebut, Senin (19/2/2024).

Dikatakan, saat ini proses Pemilu masih dalam tahap rekapitulasi suara. Semua pihak, diharapkan bisa sabar untuk menunggu hasil penetapan di KPU. “Apapun hasilnya, kita harus menghargai pilihan rakyat. Yang jelas kami bersyukur Pemilu terselenggara dengan aman, kondusif, lancar, dan sukses. Hasilnya, menunggu keuptusan KPU,” tegas pria yang akrab disapa Heri Londo tersebut.

Dikatakan kembali, dia mewakili jajaran DPRD Jateng juga berterima kasih kepada pihak kepolisian, TNI, pemerintah daerah, KPU, Bawaslu, dan khususnya masyarakat umum yang telah melaksanakan dan mengawal Pemilu dengan lancar di Jateng.

“Semua berharap, mendapatkan wakil terbaik dan pemimpin terbaik bangsa ini. Apapun hasilnya, harus dihargai pilihan masyarakat. Ini merupakan pesta demokrasi, rakyatlah yang memilih pemimpin serta wakilnya di legislatif,” tegasnya.

Pemilu Susulan

Sementara Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menilai penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayahnya berjalan secara kondusif. Bahkan, partisipasi pemilihnya mencapai 82,5 persen.

Namun demikian, Nana meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, untuk terus memantau dan mewaspadai perkembangan politik, sosial, dan ekonomi pasca tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

“Saya minta semuanya terus memantau dan mengikuti perkembangan atau kegiatan di masyarakat. Masih ada dampak Pemilu yang harus kita waspadai. Jangan sampai masyarakat resah,” kata Nana saat memimpin apel pagi di Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin, 19 Februari 2024.

Nana membeberkan, masih akan ada Pemilu susulan yang akan diselenggarakan di 114 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Ratusan TPS tersebut musti dilakukan Pemilu susulan lantaran terdampak bencana banjir beberapa waktu lalu. KPU Kabupaten Demak menjadwalkan sebanyak 27.669 pemilih di lokasi tersebut akan mengikuti pemilu susulan pada tanggal 24 Februari 2024.

“Kepala Kesbangpolinmas dan Plt Kasatpol PP agar ikut mengawal bersama TNI, Polri, dan Pemda setempat. Jangan sampai ada masalah lain muncul dari Pemilu ulang tersebut,” Nana.

Pada Minggu, 18 Februari 2024 lalu juga telah selesai diselenggarakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 26 TPS di 13 kabupaten/kota di Jawa Tengah.(Advetorial-HS)

Pastikan Tahapan Pemilu Berjalan Kondusif, Polres Kendal Giatkan Patroli

Sirkuit Mandalika Hadirkan Mobil Khusus untuk Program Arrive and Drive