in

Pantauan Jelang Lebaran, Pemkab Kendal Nilai Harga Bapokting Masih Stabil

Beberapa bahan kebutuhan menjelang lebaran di Kendal.

HALO KENDAL – Menjelang lebaran 2024, harga sejumlah barang kebutuhan pokok dan barang penting (bapokting) di Kabupaten Kendal dinilai stabil. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Kendal, Toni Ari Wibowo, saat mendampingi Bupati Kendal memantau harga bapokting di beberapa tempat, Senin (1/4/2024).

“Secara umum harga bapokting kita stabil. Beras malah kecenderungan ada yang turun. Sementara untuk kenaikan memang ada beberapa item, termasuk yang sifatnya tanaman. Ada bawang putih, kemudian beberapa cabai itu ada kenaikan bervariasi, dari Rp 500 hingga Rp 1.000,” ujarnya kepada awak media saat di Pasar Kaliwungu.

Selain itu Toni menegaskan, pihaknya akan terus berusaha untuk koordinasi dengan instansi terkait maupun pemerintah provinsi dan pusat dalam menstabilkan harga bapokting di Kendal.

“Secara umum untuk stok bapokting di Kendal dalam posisi aman. Kita akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait maupun pemerintah yang lebih tinggi, termasuk temen-temen liding sektornya di Bulog dan juga perdagangan untuk menstabilkan harga,” tandasnya.

Sementara Bupati Kendal, Dico M Ganinduto kepada awak media mengatakan, dari hasil pemantauan di beberapa pasar dan swalayan, ada harga kebutuhan pokok yang naik dan ada juga yang turun.

“Seperti harga bawang merah itu naik dan harga cabai sudah mulai turun. Kemudian harga minyak stabil dan harga beras juga stabil,” ujarnya.

Menurut Bupati, jika diidentifikasi hasil dari pemantauannya berlaku ilmu dagang yaitu supply (penawaran) and demand (permintaan). Di mana berapa suplainya dan berapa kebutuhannya.

“Nah menjelang Idul Fitri kan demand-nya naik, sementara supply diatur dengan panennya, stok barangnya. Nah mungkin saja hasil panennya mulai habis, kemudian kebutuhannya mulai meningkat, sehingga harganya tinggi. Jadi kalau seperti cabai dan beras yang sekarang mulai panen, jadi harganya mulai turun,” jelasnya.

Bupati juga menyebut, dalam pemantauannya bapokting masih dalam kondisi aman. Namun pihaknya akan menindaklanjuti terkait naiknya harga bawang merah meski kenaikannya tidak terlalu tinggi, dengan melakukan intervensi. (HS-06)

Pemprov Jateng Gencarkan Gerakan Pangan Murah, Harga Sembako Mulai Menurun

Sambut Lebaran, Mbak Ita: Program Tekan Inflasi Jadi Prioritas