in

Pantau Penyaluran BST di Sejumlah Desa, Bupati Tekankan Protokol Kesehatan

Bupati Sukoharjo Hj Etik Suryani SE MM berfoto bersama warga penerima bantuan sosial tunai. (Foto : Sukoharjokab.go.id)

 

HALO SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo Hj Etik Suryani SE MM kembali menekankan pentingnya protokol kesehatan, ketika memantau pencairan bantuan sosial tunai (BST) Mei dan Juni 2021 di Kecamatan Kartosuro dan Mojolaban.

Pantauan di Kartasura, meliputi Kelurahan Ngadirejo, Desa Singopuran, dan Desa Ngabeyan. Adapun di Mojolaban, meliputi Desa Cangkol dan Klumprit.

Di setiap desa yang dikunjungi, Bupati selau mengingatkan warga agar selalu mematuhi protokol ksehatan. Menurut Bupati, protokol kesehatan wajib dilaksanakan jika ingin corona segera hilang dari Sukoharjo.

“Jika ingin kembali normal, bisa berdagang kembali, bisa bekerja lagi, nyuwun tulung (minta tolong)  tetap prokes njih. Apalagi sekarang ini virusnya lebih berbahaya karena mudah menular. Diingat-ingat, prokes 5M. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Semoga pada tanggal 26 Juli nanti, kasus sudah turun di Sukoharjo, sehingga aturan bisa diperlonggar,” kata dia.

Sementara itu BST yang dicairkan, adalah untuk bulan Mei dan Juni. Adapun jumlah penerima, adalah 50.802 keluarga di Kabupaten Sukoharjo. Setiap bulan, setiap keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatlan Rp 300 ribu, sehingga untuk dua bulan, total yang diterima Rp 600 ribu.

“Saya ingin melihat langsung bagaimana proses pencairan BST oleh Kantor Pos. Sudah prokes atau belum,” kata Bupati.

Menurut Bupati, dalam pencairan BST tersebut, wajib menerapkan prokes dan menghindari kerumunan. Karena itu dibuat tahapan-tahapan waktu pencairan, sehingga tidak terjadi kerumunan di balai desa.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo, Suparmin menyampaikan, untuk 50.802 KPM penerima BST, terdiri atas warga Kecamatan Sukoharjo 7.808 KPM, Kecamatan Grogol 4.616 KPM, Kecamatan Polokarto 4.575 KPM, Baki 3.866 KPM, Gatak 4.085 KPM, Tawangsari 3.822 KPM, Weru 3.804 KPM, Bulu 3.133 KPM, Nguter 3.703 KPM, Bendosari 2.974 KPM, Mojolaban 4.277 KPM, dan Kecamatan Kartasura 4.139 KPM.

Menurutnya, penyaluran BST bulan Mei dan Juni ditargetkan selesai dalam beberapa hari ke depan. Untuk penyaluran BST di Sukoharjo, dilakukan oleh Kantor Pos Solo dan Kantor Pos Sukoharjo. Untuk Kantor Pos Solo, menyalurkan BST di Kecamatan Kartasura dan Mojolaban dan 10 kecamatan lainnya oleh Kantor Pos Sukoharjo. (HS-08)

Share This

Tebarkan Semangat Optimisime, Bupati Kunjungi Vaksinasi Massal di De Tjolomadoe

Masih di Bawah Target, Pemkab Berupaya Naikkan Realisasi Vaksinasi Corona