Pantai Ngebum Kendal, Objek Wisata Murah yang Masih Eksis di Tengah Pandemi

Para wisatawan menikmati keindahan pantai di Pantai Ngebum, Kendal. (Foto dok. Wahyu Krisna M, mahasiswa Universitas Semarang)

 

JELANG akhir tahun, banyak pengelola destinasi wisata berlomba-lomba untuk mendatangkan wisatawan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, gairah wisata sempat meredup.

Banyak warga yang masih was-was atau ragu jika harus pergi ke tempat wisata yang dikunjungi banyak orang. Apalagi saat ini masih ada kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat guna mencegah penularan Covid-19.

Yang menarik, ada satu objek wisata di Kendal yang tak terpengaruh pandemi. Wisata Pantai Ngebum masih tetap dipadati pengunjung, setelah empat bulan ditutup sementara karena dampak dari pandemi Covid-19 dan kebijakan pemerintah setempat.

Pantai Ngebum merupakan salah satu pantai yang tak asing lagi di telinga masarakat Kendal, khususnya di wilayah Kecamtan Kaliwungu.

Pantai ini berlokasi di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Selain karena murah, objek wisata ini memang menyuguhkan pemandangan indah pantai Kendal.

Akses menuju Pantai Ngebum ini memang belum tergarap dengan baik. Dari Jalan Lingkar Kaliwungu, Kendal, pengunjung masih harus menempuh jarak sepanjang 7 kilometer, dengan kualitas jalan sederhana.

Sehingga membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari jalur utama Semarang-Kendal untuk sampai ke lokasi. Namun jauhnya jarak itu akan terobati jika sudah sampai di lokasi.

Pemandangan laut lepas, serta hamparan pasir hitam menjadi keunikan sendiri destinasi wisata ini. Sayangnya masalah kebersihan pantai menjadi salah satu indikasi bahwa Pantai Ngebum belum dikelola dengan baik.

Letak geografis Pantai Ngebum yang berada di utara Pulau Jawa, relatif memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Sehingga pantai ini cocok dijadikan opsi objek wisata keluarga. Hal ini bisa dilihat dari hampir semua pengunjung datang bersama anggota keluarganya.

Sayangnya, di masa pandemi ini penerapan protokol kesehatan kurang di perhatikan dengan baik oleh pihak pengelola.

Masih banyak dari pengunjung yang tidak memakai masker dan tidak diterapkannya social distancing antarsesama, meskipun petugas wisata sudah mengimbau para pengunjung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain dapat bermain dengan air, pengelola objek wisata Pantai Ngebum juga menyediakan penyewaan motor trail dan ATV, sehingga dapat menambah keseruan saat berkunjung ke sana.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai macam kuliner khas pesisir, salah satunya yakni kuliner seafood. Dengan harga tiket Rp 5.000 per orang, pengunjung sudah dapat bermain dengan puas di objek wisata Pantai Ngebum.(Wahyu Krisna M, mahasiswa Universitas Semarang-HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.