Panggung Kahanan Session 3 Di Kendal Berlangsung Meriah

Salah satu penampil dalam Panggung Kahanan Session 3 yang dilaksanakan di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kendal dan disiarkan secara virtual, Rabu (21/4/2021).

 

HALO KENDAL – Dalam rangka menggiatkan kembali aktivitas kesenian yang terdampak Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pandemi Covid-19, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berinisiatif memberikan panggung bagi para seniman.

Acara yang dikemas dalam “Panggung Kahanan”, rencananya akan melakukan road show di enam kabupaten/kota di Jawa Tengah dengan menggandeng Bank Jateng sebagai sponsor utama.

Untuk road show pertama acara digelar di Kabupaten Kendal dengan mengambil tempat di Pendopo Tumenggung Bahurekso, yang disiarkan secara virtual, Rabu (21/4/2021).

- Advertisement -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai inisiator mengungkapkan, sejak wabah Covid-19 melanda, banyak kegiatan kesenian yang urung digelar. Praktis kondisi ini menyebabkan banyak pelaku seni menganggur.

“Saya sebenarnya rikuh dengan digelarnya acara ini. Karena saat ini kita masih dalam kondisi pandemi kok malah bikin panggung. Namun karena ajang ini ditonton melaliui virtual dan melihat pengetatan protokol kesehatan di Kendal ini, saya mengingatkan terus agar kita tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ungkap Ganjar.

Dikatakan, dalam Panggung Kahanan ini, tujuannya memberikan ruang seniman berekspresi. Selain itu juga mengadakan donasi yang nantinya akan disalurkan kepada para seniman yang terdampak pandemi.

Meski ada banyak pihak yang mendorong agar kegiatan itu dilanjutkan, namun dirinya berpesan agar para seniman tetap harus menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi para seniman jangan berkecil hati. Ke depan, saya tetap ingin kegiatan seperti ini tetap dilangsungkan melalui virtual. Namun, jarak sosial tetap harus diperhatikan. Agar kreasi para seniman tidak berhenti begitu saja dan bisa terus berkarya,” tandasnya.

Acara Panggung Kahanan yang digelar di Kendal berlangsung meriah, dengan menampilkan Ratu Gendang terkenal asal Kendal Mutik Nida, Penyanyi Pop Academy Indosiar, Jason, dan Penyanyi Pop Academy Indosiar, Fadia, serta diisi penampilan band-band lokal, baik dari Semarang maupun Kendal.

Sementara itu, Imam Hanafi Pemimpin Bank Jateng Cabang Koordinator Semarang didampingi Kepala Kantor Cabang Bank Jateng Kendal, Suko Haryadi menyambut baik diadakannya acara tersebut.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan pelipur lara dan menggiatkan kembali para seniman saat banyak acara kesenian yang ditiadakan karena Covid-19.

“Acara ini bisa mengobati kerinduan para pegiat seni, agar bisa terus berkreasi. Saya berharap, ke depan makin banyak pihak yang menyelenggarakan acara dengan konsep virtual,” ungkapnya.

Selain itu, ajang ini juga sebagai ajang promosi program-program dari Bank Jateng dan wadah berkreasi para seniman khususnya di Kendal.

“Kami siap berkerja sama dengan berbagai pelaku seni khususnya di Kendal. Tentang bagaimana konsepnya kita bisa duduk bersama. Sehingga dengan kerja sama ini bisa mengembangkan seni dan pada akhirnya bisa ikut memajukan Kabupaten Kendal,” tuturnya.

Sementara itu, Ratu Gendang Mutik Nida asal Kendal mengaku berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah dan pihak-pihak yang dapat mewujudkan acara Panggung Kahanan ini.

“Alhamdulillah Kendal menjadi yang pertama pembukaan. Dan acara sore hari ini lancar. Sehingga bisa membangkitkan semangat para seniman di Kendal. Terima kasih kepada Bapak Ganjar, Jateng Musikgram dan Bank Jateng tentunya,” ungkap Mutik Nida.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.