in

Panen Raya Jagung, Mahasiswi UIN Walisongo Semarang Bantu Turun ke Sawah

Mahasiswi UIN Walisongo Semarang saat turut membantu panen raya jagung di Desa Sumanding, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara.

 

HALO SEMARANG – Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogam Dari Rumah (KKN MIT DR) Ke-12 Kelompok 33 turut membantu panen raya jagung di Desa Sumanding, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (15/8/2021).

“Warga Desa Sumanding mayoritas bekerja sebagai petani, yang pendapatan mereka sebagian besar dari pertanian dan perkebunan,” tutur mahasiswi KKN UIN Walisongo Semarang Nadiyatur Rohmah.

Diungkapkannya, bulan Juli hingga Agustus warga sedang panen jagung secara serentak. Momentum tersebut difungsikan dirinya sebagai langkah edukasi serta pengabdian kepada masyarakat.

“Apalagi kini harga jagung sedang meningkat, sehingga momen panen jagung dimanfaatkan mahasiswi untuk membantu masyarakat dalam langkah nyata pengbadian kepada masyarakat,” tutur mahasiswi UIN Walisongo Semarang jurusan Manajemen Dakwah itu.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi oleh warga sekitar. Selama KKN, mahasiswi dapat membantu sekaligus melihat dari proses awal hingga akhir pemanenan.

“Dari memetik jagung, mengumpulkan jagung ke dalam karung plastik, menjemur bulir jagung hingga membantu warga membersihkan bonggol jagung agar tidak mencemari lingkungan,” bebernya.

Satu di antara petani jagung yang merasa terbantu mengungkapkan, adanya KKN dari UIN Walisongo Semarang selain membantu juga telah mengedukasi tentang program-program pertanian terbaru.

“Saya sangat senang karena masih ada anak muda yang ingin terjun ke sawah dan mau membantu proses panen jagung ini, saya berharap kegiatan ini terus berlangsung ke depannya” ujar petani tersebut bernama Jumiah.(HS)

Share This

Aksi Lucu Ibu-Ibu Desa Pucangrejo Kendal Saat Ikuti Lomba Agustusan

Mahasiswi KKN UIN Walisongo Ini Dorong Peternak Bebek Kembangkan Bisnis Lewat Media Sosial