in

Pandemi, Pemkab Kendal Gelar Job Fair Online

Pembukaan Job Fair Online di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Rabu (16/6/2021).

 

HALO KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Tenaga Kerja, menggelar Job Fair Online 2021, yang dilaksanakan di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Rabu (16/6/2021).

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya, mengajak bersama-sama untuk menyatakan tekad, menyediakan lapangan pekerjaan dalam mengurangi pengangguran di Kendal.

Menurut Dico, jika ada kegiatan Job Fair, seperti biasanya para pencari kerja akan berbondong-bondong untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan.

“Namun pada situasi pandemi Covid-19 yang belum usai, kegiatan job fair tahun ini dilakukan secara online atau layanan virtual, untuk menghindari kerumunan dan penyebaran/penularan virus Covid-19,” ujarnya.

Menurut Dico, dengan diselenggarakannya Job Fair Online ini, para pencari kerja tidak perlu mengeluarkan ongkos perjalanan, dan lain sebagainya.

“Karena bisa mencari dan melamar pekerjaan dari rumah saja, dengan cara online melalui www.e-duniakerja.id/pencari,” tutur Bupati Kendal.

Dico menambahkan, meski mencari dan melamar pekerjaan secara virtual, pihak penyelenggara tetap memberikan layanan yang terbaik agar pelamar kerja mengetahui semua informasi tentang perusahaan.

Dipaparkan, dari data badan statistik tahun 2020, angka kerja di Kabupaten Kendal ada sebanyak 533.376 orang, dengan jumlah tingkat pengangguran sebesar 7,56%.

“Maka dari itu, kami akan membantu mempermudah pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Salah satunya melalui kegiatan Job Fair Online seperti ini yang diikuti 24 perusahaan, serta tersedia 916 lowongan untuk para pencari kerja,” papar Dico.

Ditandaskan, dalam kegiatan Job Fair ini, para pencari kerja juga tidak akan dipungut biaya apapun, alias gratis.

Dico berharap, para pengusaha untuk terus mengembangkan investasinya di wilayah kabupaten Kendal, sehingga terciptanya lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat Kendal.

“Pemerintah akan siap memfasilitasi keinginan perusahaan dalam pencari angkatan kerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha,” imbuhnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kendal, M Sukron menjelaskan, tujuan kegiatan ini yang pertama adalah untuk memfasilitasi dengan mempertemukan perusahaan sebagai penyedia lapangan pekerjaaan dengan para pencari kerja.

“Jadi pameran bursa kerja ini, para pencari kerja secara langsung akan melihat proses recruitment secara online,” ujarnya.

Yang kedua, lanjut Sukron, sebagai optimalisasi kinerja bursa kerja bagi para lulusan dan masyarakat pencari kerja se-Kabupaten Kendal.

“Ketiga, meningkatkan angka penempatan tenaga kerja melalui fasilitas pameran informasi bursa tenaga kerja secara online lewat www.e-duniakerja.id/pencaker,” pungkas Sukron.

Acara diakhiri dengan pemukulan gong dan peninajauan stand perusahaan oleh Bupati Kendal.(HS)

Share This

Diwaduli Banyak Pasien Luar Provinsi, Ganjar: Nanti Saya Bicara Antar-Gubernur

Kasus Covid Meningkat, Usulan Penundaan Munas Kadin Menguat