in

Pandemi Makin Terkendali, Sektor Pariwisata Diharapkan Segera Bangkit

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko.

HALO SEMARANG – Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diyakini kembali pulih dan segera bangkit setelah terdampak pandemi Covid-19. Apalagi dengan kelonggaran-kelonggaran yang terjadi akhir-akhir ini, diharapkan akan memicu industri pariwisata di Jawa Tengah untuk kembali bergeliat.

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko menegaskan, Jawa Tengah memiliki potensi besar dalam memajukan ekonomi pariwisata di Indonesia. Ia berharap sektor pariwisata bisa mempercepat pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi.

“Untuk pemulihan ekonomi, peningkatan kerja sama antarpemangku kepentingan harus dikuatkan guna mengakselerasi pemulihan ekonomi daerah, terutama pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya, Senin (14/3/2022).

Dikatakan, dalam upaya pemulihan sektor pariwisata, ada berbagai tantangan yang dihadapi. Di antaranya masih perlunya peningkatan konsistensi penerapan standar kesehatan, keamanan, dan terbatasnya aktivitas dunia pariwisata.

Tidak lupa penguatan protokol kesehatan di seluruh destinasi wisata juga harus diperhatikan. Pengelola kawasan wisata diwajibkan untuk memenuhi standar Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE).

“Apalagi saat ini syarat tes PCR/Antigen Covid-19 untuk penerbangan sudah dihapus. Diharapkan ini bisa kembali menggairahkan sektor pariwisata Jateng,” kata anggota Fraksi Gerindra ini.

Dikatakan, kawasan destinasi super prioritas Candi Borobudur terus dilakukan revitalisasi oleh pemerintah agar menjadi magnet bagi para wisatawan baik lokal maupun manca negara. Selain Candi Borobudur dan kawasan sekitarnya, ada beberapa destinasi wisata lain seperti kawasan Dieng, Karimun Jawa dan beberapa potensi lain yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi magnet wisata di Jateng.

“Dengan penanganan pandemi yang makin terkendali, semoga bisa termanfaatkan dan momentum dalam kebangkitan ekonomi,” tegasnya.

Sebelumnya, meski sempat anjlok saat pandemi Covid-19, namun sektor pariwisata masih memiliki potensi pendapatan yang menjanjikan. Untuk itu, Komisi C DPRD Provinsi Jateng berupaya mencari cara agar potensi tersebut dapat tergali optimal.

Salah satu upaya yakni mendiskusikannya dengan pengelola Objek Wisata Merapi Park & De Mangol, di Kabupaten Sleman Provinsi DIY, pada Senin (14/3/2022). Dalam diskusi yang membahas peningkatan mutu objek dan daya tarik wisata itu, jajaran Komisi C DPRD Provinsi Jateng ingin mengetahui soal aset, kerja sama, dan pendapatan dari Merapi Park. Karena, Merapi Park mampu berkembang dan bertahan dengan baik, khususnya selama pandemi ini.(Advetorial-HS)

Warga Weleri Ditemukan Gantung Diri di Kamar Kos

Parkir Sembarangan di Jalur Pantura Alas Roban, Beberapa Truk Jadi Sasaran Patroli Polisi